Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka

Mulai tahun pelajaran 2022/2023 mulai dilaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Ada 3 pilihan bagi sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka, yaitu IKM 1 (Mandiri Belajar), IKM 2 (Mandiri Berubah) serta IKM 3 (Mandiri Berbagi). Untuk mendukung hal tersebut dilaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) IKM bagi guru-guru Sekolah Dasar (SD). Salah satu materi yang diberikan akan pemahaman tentang alokasi waktu dan struktur kurikulum.

Lihat juga : Kiat Guru Menyiapkan Diri di Awal Tahun Ajaran Baru

Bagi guru yang ditugaskan mengajar kelas 3 tentunya harus segera melengkapi administrasi kelasnya, diantaranya jadwal pelajaran. Kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan mata pelajaran dan juga ada alokasi waktu untuk proyek penguatan profil pelajar Pancasila atau disingkat 5P. Total jam pelajaran (JP) dalam seminggu untuk kelas adalah 40 JP dengan rincian 33 JP untuk alokasi intrakurikuler dan 7 JP alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Mata pelajaran kelas 3 SD yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Seni dan Budaya, Bahasa Inggris, serta Muatan Lokal. Berikut alokasi dan jadwal pelajaran kelas 3 Kurikulum Merdeka berdasarkan sosialisasi dari Kurikulum Merdeka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek):

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka

Download Jadwal Pelajaran Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka

Jika dicermati, hal baru di Kurikulum Merdeka adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Proyek ini adalah pembelajaran yang harus di sertakan dalam penyusunan jadwal pelajaran. Melalui pembelajaran berbasis proyek diharapkan siswa memperoleh pemahaman dan penyelesaian masalah dengan pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran antara beberapa mata pelajaran. 

Untuk kelancaran proses kegiatan belajar mengajar, sekolah harus segera menyusun jadwal pelajaran sesuai struktur Kurikulum Merdeka. Dalam menyusun jadwal pelajaran harus melibatkan seluruh guru. Kemendikbudristek sudah merilis dokumen Struktur Kurikulum Merdeka dilengkapi dengan alokasi waktu dan contoh jadwal mata pelajaran kelas 3 SD. 

SekolahDasar.Net akan membagikan referensi jadwal pelajaran Kurikulum merdeka kelas 3 SD. Contoh jadwal ini bisa guru kelas 3 gunakan sebagai gambaran dalam menentukan kegiatan Proyek. Alokasi waktu dan jadwal pelajaran kelas 3 SD Kurikulum Merdeka bisa diunduh melalui tautan berikut ini:

JADWAL PELAJARAN KELAS 2 KURIKULUM MERDEKA

Demikian informasi terbaru terkait sturuktur, alokasi, dan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka kelas 3. Dalam menyusun jadwal pelajaran dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Sehingga dihasilkan jadwal pelajaran yang memperlancar proses pembelajaran demi ketercapaian tujuan pembelajaran. Semoga contoh jadwal pelajaran kurikulum merdeka kelas 3 bisa menjadi referensi yang bermanfaat.