Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Anggaran Pendidikan Tersedot Untuk Gaji dan Tunjangan Guru

Dari anggaran total fungsi pendidikan yang mencapai Rp 371,2 triliun, sekitar 65 persen diantaranya (Rp 241,2 triliun) tersedot untuk gaji dan tunjangan guru.

Timpangnya alokasi anggaran fungsi pendidikan ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh usai upacara Peringatan HUT ke-68 Republik Indonesia kemarin.

Mohammad Nuh mengatakan bahwa pagu indikatif (sementara) anggaran fungsi pendidikan di RUU APBN 2014 mencapai Rp 371,2 triliun. Nilai tersebut naik sekitar 7,5 persen dibandingkan APBN 2013 yang dipatok 345,3 triliun.

Dari rancangan APBN 2014, uang yang masuk ke rekening Kemendikbud sebesar Rp 82,7 triliun dan di Kementerian Agama (Kemenag) Rp 49,6 triliun. Sisanya sebesar Rp 238,9 triliun masuk dana transfer daerah dan anggaran pendidikan kementerian/lembaga lainnya.

"Jumlah siswa di Kemenag sekitar 20 persen saja dari seluruh populasi, tetapi anggarannya besar karena termasuk gaji guru juga," kata mantan rektor ITS, Surabaya itu. dikutip SekolahDasar.Net dari JPNN.com (25/08/2013).

Sedangkan anggaran untuk gaji dan tunjangan guru pendidikan umum langsung ditransfer ke daerah. jenis tunjangan yang diberikan kepada guru diantaranya tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus, dan bantuan kualifikasi akademik.

Walaupun separuh lebih anggaran fungsi pendidikan habis untuk gaji dan tunjangan guru serta dosen, Mohammad Nuh mengatakan agenda pembangunan infrastruktur pendidikan tetap ada. Seperti pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan pendirian unit sekolah baru (USB).