Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download RPP Kelas 1 dan 4 SD Kurikulum 2013

Download RPP Kelas 1 dan 4 SD Kurikulum 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Dasar (SD) menggunakan metode pembelajaran tematik intergratif. Dalam metode ini materi pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, PKn dan lainnya diikat dengan memakai sebuah tema. Tidak ada lagi sistem pemisahan mata pelajaran.

Setiap tingkatan kelas disediakan kurang lebih delapan tema yang harus diajarkan guru. Tema-tema pada pembelajaran Kurikulum 2013 berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia. Aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar tertuang dalam sebuah RPP. Berikut contoh RPP untuk kelas 1 dan 4 SD dengan Kurikulum 2013:



RPP Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan active learning dalam proses pembelajarannya. RPP dirancang untuk mendorong siswa agar mampu mengamati (observing), menanya (questioning), menalar (associating), mencoba (experimenting) dan membentuk jejaring (networking).

Administrasi pengajaran pada guru pun jauh berkurang dalam Kurikulum 2013. Kreativitas guru tak lagi dilihat dalam membuat silabus tetapi dalam membuat RPP untuk merancang proses pembelajaran yang aktif.