Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

RPP PAI Kelas 1 dan 4 SD Kurikulum 2013

Guru harus mampu membuat RPP dan merancang proses pembelajaran yang aktif
Guru harus mampu membuat RPP dan menciptakanpembelajaran yang aktif.
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD terkait langsung dengan pendidikan karakter, oleh sebab itulah pada Kurikulum 2013 mata pelajaran agama ditambah dengan Budi Pekerti. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan penjabaran dari silabus yang lebih operasioanl dan rinci. Silabus PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 telah dibuat dan dapat didownload di internet.

RPP PAI Kurikulum 2013 haruslah memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas kegiatan pembelajaran dalam upaya mencapai penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Di tahun awal penerapannya, Kurikulum Baru ini diterapkan di kelas 1 dan 4 SD. Guru harus mampu membuat RPP dan merancang proses pembelajaran yang aktif. Berikut contoh RPP PAI untuk kelas 1 dan 4 SD dengan Kurikulum 2013:



RPP Kurikulum 2013 dirancang untuk mendorong siswa agar mampu mengamati (observing), menanya (questioning), menalar (associating), mencoba (experimenting) dan membentuk jejaring (networking). Kegiatan-kegiatan tersebut harus muncul di RPP dan diterapkan dalam proses pembelejaran. Kreativitas guru akan terlihat dalam membuat RPP.