Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bahasa Indonesia Jadi Pelajaran SD di Australia

Bahasa Indonesia Jadi Pelajaran SD di Australia
Bahasa Indonesia memiliki keunggulan lebih mudah dipelajari ketimbang Bahasa populer di dunia.
Selain Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran wajib Sekolah Dasar (SD) di Australia. Salah satu sekolah yang menerapkannya adalah Newport Lakes Primary School (NLPS).

Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2013, Cepri Maulana yang berkesempatan menjadi guru penutur Bahasa Indonesia di NPLS pada Juli hingga Agustus 2015 menilisik mengapa Bahasa Indonesia sehingga dimasukan ke kurikulum SD di Australia.

"Mereka menyadari Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang dan berpotensi menjadi negara kuat serta berpengaruh di masa yang akan datang," kata Cepri yang SekolahDasar.Net kutip dari Antara (04/09/15).

Selain itu, menurut Cepri, Bahasa Indonesia memiliki keunggulan lebih mudah dipelajari ketimbang Bahasa populer di dunia seperti Inggris, Prancis atau Jerman. Bahasa Indonesia juga tidak dikenal strata sehingga satu kata bisa digunakan pada setiap momen dan pada semua orang.

Baca juga: Cinta Bahasa Indonesia Bukti Nasionalisme

Penggunaan Bahasa Indonesia kerap dianggap kurang "gaul" ketimbang Bahasa Inggris di kalangan anak muda Indonesia, terutama pada media sosial. Menurut Cepri hal itu salah satunya disebabkan oleh minimnya orang yang menyadari kaidah berbahasa Indonesia yang benar.

"Bila melihat fenomena saat ini, Bahasa Inggris memang kerap dianggap lebih bergengsi. Barang harganya bisa lebih mahal yang berbahasa Inggris meskipun rasanya sama," kata Cepri.