Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Untuk Latihan Mengerjakan Soal UKG 2015

Aplikasi UKG 2015
Aplikasi berisi soal-soal uji kompetensi guru untuk persiapan mengikuti UKG 2015.
Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 akan dilaksanakan dengan sistem Computer Based Test (CBT). Soal-soal UKG dikerjakan melalui software aplikasi yang sudah disediakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK). Setiap guru diberi waktu selama 120 menit untuk menyelesaikan soal berupa pilihan ganda sebanyak 60-100 soal.

Baca juga: Soal-soal Latihan UKG 2015 dan Kunci Jawabannya

Materi yang akan diujikan dalam UKG yang akan digelar November mendatang adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya. Sedangkan kompetensi profesional berupa penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Untuk persiapan menghadapi UKG 2015, guru bisa mempelajari kisi-kisi UKG dan mengerjakan soal-soal UKG. Nah, kali ini SekolahDasar.Net berbagi aplikasi berisi soal-soal uji kompetensi guru yang dapat dipakai untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti UKG 2015. Untuk mendownload aplikasi UKG tersebut, klik tautan di bawah ini:

(12,22 MB)

Soal-soal yang telah didownload bisa digunakan untuk latihan mengerjakan soal UKG 2015 dalam bentuk aplikasi flash yang dapat digunakan tanpa harus terkoneksi internet. Soal-soal UKG itu umumnya berupa uji kompetensi pedagogik, untuk guru sekolah tingkat dasar, yaitu guru TK, SD, dan SMP.

Tahun ini, Kemendikbud mewajibkan seluruh guru, baik guru PNS maupun non PNS, guru yang sudah sertifikasi maupun belum sertifikasi. Semua guru yang telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) akan mengikuti UKG. Kemendikbud menargetkan skor yang diperoleh guru minimal 5,5.