Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pada Tahun 2019 Seluruh Sekolah Terapkan K-13

Pada Tahun 2019 Seluruh Sekolah Terapkan K-13
"Ditargetkan pada 2019 seluruh sekolah di Indonesia sudah menerapkan K-13 yang telah direvisi,"
Pemerintah menargetkan pada tahun 2019 seluruh sekolah di Indonesia tanpa terkecuali menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) yang sudah diperbaiki.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, implementasi kurikulum pengganti KTSP tersebut dilakukan secara bertahap.

Juli mendatang ditargetkan 25 persen sekolah sudah menerapkan K-13. Tahun depan, jumlah sekolah tersebut akan bertambah menjadi 35 persen. Lalu pada 2018 bertambah menjadi 60 persen sekolah.

"Ditargetkan pada 2019 seluruh sekolah di Indonesia sudah menerapkan K-13 yang telah direvisi," kata Hamid yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (26/03).

Pemerintah optimis seluruh sekolah yang menerapkan K-13 akan mudah mengimplementasikannya, karena metode yang lebih sederhana dan ringkas.

Baca juga: Lebih Sederhana, K-13 Diberlakukan Lagi Juli

Di sisi lain, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan penilaian ganda tidak diberlakukan lagi.

Sebagai contoh penilaian spiritual, yang sebelumnya juga diwajibkan bagi guru Matematika dan Bahasa‎, kini tidak lagi. Penilaian spiritual diserahkan kepada guru Agama dan PKn.

"Penilaian spiritual kami kembalikan ke titahnya. K-13 juga mengedepankan pembelajaran aktif, jadi tidak hanya pemaparan slide saja. Antara guru dan murid saling interaktif," kata Totok.