Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pentingnya Melibatkan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Pentingnya Melibatkan Orang Tua dalam Mendidik Anak
Dengan dilibatkannya orang tua membuat anak terhindar dari perilaku yang bermasalah.
 Melibatkan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah jelas berdampak positif bagi perkembangan anak. Tidak hanya terasa saat tahun pertama anak sekolah tapi dampaknya akan berlanjut di jenjang berikutnya.

"Semangat mengerjakan PR dan tugas-tugas sekolah serta punya kepercayaan diri untuk terus belajar," kata Pendiri Parenting and Family Support Centre, Universitas Queensland, Australia, Matthew R Sanders.

Bagi anak, dengan dilibatkannya orang tua membuat anak terhindar dari perilaku yang bermasalah, seperti bolos atau malas. Anak-anak juga akan memiliki keterampilan sosial, seperti rajin membantu, toleran dan kesetiakawanan yang tinggi.

Sedangkan bagi lembaga pendidikan dimana anak-anak itu bersekolah. Menurut Matthew, ketika prestasi anak meningkat, maka tingkat kelulusan di sekolah itu juga akan tinggi. Jumlah siswa yang melanjutkan ke jenjang berikutnya juga meningkat.

Baca juga: Jangan Bebani Anak dengan Target Orang Tua

Sejumlah bentuk konkret keterlibatan anak di sekolah yang bisa dilakukan orang tua. Dia mencontohkan seperti orang tua berkomunikasi aktif dengan guru dan staf sekolah.

“Mengutip Joyce Epstein, Sanders menyebutkan seperti mempersiapkan anak sekolah (Menyiapkan seragam, sarapan, dan buku-buku),” kata Matthew.

Orang tua juga dapat menjadi sukarelawan, membantu kegiatan sekolah dan membimbing proses belajar anak di rumah. Serta, juga bisa berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di sekolah.