Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tahun Depan Kebutuhan Guru SD Mencapai 188 Ribu


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memerkirakan, tahun depan kebutuhan guru SD negeri mencapai 188 ribu orang lebih. Kebutuhan guru di SD ini memasukkan juga jumlah guru tidak tetap (GTT) atau guru non PNS.

"Prediksi kekurangan ini hanya untuk di SD negeri saja," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (15/08/16).

Kebutuhan paling tinggai adalah untuk kelompok guru kelas yang mencapai 97.277 orang. Kemudian guru pendidikan jasmani (penjas) sebanyak 64.203 orang dan guru muatan lokal (mulok) sejumlah 26.525 orang.

Prediksi kekurangan guru itu mempertimbangkan tidak ada pengangkatan guru baru. Selain itu, terjadi penambahan rombongan belajar akibat penambahan jumlah penduduk dan terjadi pengurangan guru akibat pensiun.

Melalui program rekrutmen PNS guru garis depan (GGD), pejabat yang akrab disapa Pranata itu berharap kebutuhan guru bisa terisi. Tahun ini kuota PNS guru garis depan mencapai 7.000 orang.

Baca juga: Pengumuman Penerimaan PNS Guru Tahun 2016

Dia juga berharap rekrutmen guru PNS tetap dibuka secara reguler. Namun, kewenangan membuka rekrutmen CPNS baru ada di tangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Masalah lain adalah distribusi yang tidak merata. Guru-guru negeri di pinggiran kerap mengalami kekurangan guru. Sementara di SD negeri tengah kota, gurunya melimpah.