Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Jadwal Full Day School Untuk Jenjang SD

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan full day school (FDS) secara nasional. Program itu akan diberlakukan secara bertahap hingga 2020 mendatang. Diharapkan dengan adanya full day school, nilai-nilai khas Indonesia bisa ditanamkan sejak dini. Terutama, untuk usia TK, SD, dan SMP. Tidak seperti saat ini, di mana nilai-nilai etika mulai luntur.

Baca juga: Presiden Restui Full Day School

Full day school atau saat ini lebih sering menggunakan nama Pendidikan Penguatan Karakter (PPK). Yakni, siswa lebih lama di sekolah dengan penambahan jam pelajaran untuk penguatan karakter anak. Bentuknya seperti tambahan pelajaran agama atau pengenalan budaya. Kemendikbud hanya akan menyesuaikan kontennya sesuai dengan konsep yang telah dibuat sekolah atau pemerintah daerah.

Jadwal full day school yang saat ini sedang digodok Kemendikbud. Jadwal full day school ini bisa menyesuaikan pada sekolah masing-masing. Seperti, untuk hari Senin jam ke-1 diganti Upacara Bendera dilanjutkan Sholat Dhuha. Namun, Jadwal bisa berubah menyesuaikan situasi dan kondisi sekolah. Siswa pulang dari sekolah sekitar jam 3 sore.

Berikut contoh jadwal full day school untuk SD:

Contoh Jadwal Full Day School Untuk Jenjang SD

Pola pendidikan karakter yang akan diterapkan di seluruh Indonesia melalui full day school ini membuat Kemendikbud akan menerapkan kebijakan baru, siswa SD dan SMP diliburkan pada Sabtu-Minggu. Pola pendidikan di SD menjadi sekolah yang berbasis pendidikan karakter. Di SD, 70 persen porsi pendidikan akan berbasis pada pembentukan karakterdan selebihnya pendidikan keilmuan.