Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Model Pembelajaran Numbered Heads Together

Model Pembelajaran Numbered Heads Together
Suasana pembelajaran pun menyenangkan dan siswa antusias mengikuti pelajaran.
Guru dituntut kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Salah satu yang bisa digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).

Model pembelajaran ini terkesan unik karena setiap siswa memiliki nomor masing-masing yang ditempelkan di kepala. Jika satu kelompok terdiri dari empat anak, maka nomor setiap anak adalah satu sampai empat.

Kegiatan ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa agar bertanggungjawab terhadap tugas kelompok yang diberikan guru. Langkah-langkah penerapan metode NHT dibagi menjadi enam tahap, berikut langkah-langkahnya:

Pertama, guru praktikan menyediakan lembar kerja siswa (LKS) dan menentukan materi yang akan didiskusikan. Sebelum diskusi berlangsung, guru terlebih dulu menyajikan materi agar siswa memiliki pengetahuan awal tentang materi yang diajarkan.

Kedua, pembentukan kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari anak yang memiliki kemampuan beragam. Dengan diberikan soal yang sama, mereka akan senang dapat berkerja tim satu sama lain. Suasana pembelajaran pun menyenangkan dan siswa antusias mengikuti pelajaran.

Ketiga, tiap kelompok memiliki buku paket yang digunakan untuk memudahkan dalam menyelesaikan soal diskusi yang diberikan guru.

Keempat, diskusi masalah. Setiap siswa berpikir bersama dan meyakinkan setiap anggotanya mengetahui jawaban dari pertanyaan yang ada.

Kelima, guru memanggil satu nomor. Setiap kelompok dengan nomor kepala yang disebutkan guru adalah siswa yang berhak menjawab pertanyaan hasil diskusi, kemudian mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

Keenam, menarik kesimpulan. Guru dan siswa menyimpulkan jawaban dari soal yang berhubungan dengan materi. Guru memberi reward kepada kelompok yang memiliki poin terbanyak dalam menjawab soal.

Baca juga: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TEMU

Model pembelajaran kooperatif tipe NHT ini memberi kesempatan siswa menggunakan keterampilan bertanya, berdiskusi, dan mengembangkan bakat kepemimpinan. Selain, belajar kelompok dapat memberikan pelajaran bagi siswa untuk saling menghargai pendapat orang lain.