Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TPG Triwulan Kedua Dibayarkan Mulai Akhir Juni

TPG Triwulan Kedua Dibayarkan Mulai Akhir Juni
Pembayaran TPG untuk triwulan kedua (TW II) atau periode April–Juni dibayarkan mulai Juni.
Tunjangan profesi guru (TPG) untuk untuk triwulan kedua (TW II) atau periode April–Juni tahun ini dibayarkan mulai Juni. Namun begitu, pencairan TPG untuk 1,2 juta guru sering terlambat. Khususnya guru pegawai negeri sipil daerah (PNSD). Penyaluran uang TPG guru PNSD disalurkan dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas umum daerah (RKUD).

Meski sudah berada di kas daerah, ternyata kadang uang TPG untuk guru PNSD belum bisa tersalurkan. Sebab, ada beberapa pertimbangan dalam pencairannya. Di antaranya, harus menunggu surat keputusan (SK) pencairan TPG yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain itu, misalnya harus menunggu petunjuk teknis (juknis).

Mendikbud Muhadjir Effendy tidak menampik terjadinya keterlambatan pembayaran TPG untuk guru PNSD. Ia meminta alangkah baiknya kalau mendidik diri sendiri untuk lebih banyak bersyukur. Semua pihak lebih sering melihat ke bawah ketimbang lebih suka mendongak ke atas.

"TPG memang terlambat. Tetapi, kan masih ada harapan untuk dapat," kata Mendikbud yang SekolahDasar.Net lansir dari laman Jawa Pos (12/06/17).

Menurut Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu, guru PNSD yang merasakan keterlambatan pencairan TPG diharapkan melihat kondisi rekan-rekan sejawatnya. Sebab, masih banyak guru PNSD maupun swasta yang sama sekali belum berkesempatan memperoleh TPG. Yaitu tunjangan bagi guru yang telah sertifikasi sebesar gaji pokok.

Perlu diketahuui, pencairan TPG triwulan kedua seharusnya tidak perlu menunggu penerbitan SK baru. Cukup mengacu pada SK yang diterbitkan Kemendikbud pada periode Januari tahun ini. Sebab, dalam kalender pendidikan, Januari–Juni masih terhitung tahun pelajaran 2016–2017, dimana SK berlaku untuk satu semester.