Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jangan Beri Anak Gadget Sebelum Usianya 14 Tahun

Jangan Beri Anak Gadget Sebelum Usianya 14 Tahun
Orangtua harus berani tegas dalam menetapkan aturan terkait memberikan gadget pada anak.
Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, dan pencipta teknologi modern di industri komputer, Bill Gates pastinya tahu kapan usia terbaik memberikan gadget pada anak. Dalam sebuah wawancara, ayah dari tiga orang anak ini menegaskan bahwa anak seharusnya TIDAK dibolehkan memiliki ponsel pintar atau gadget sebelum usianya 14 tahun.

Bill mengaku, bahwa dia dan istrinya Melinda menetapkan aturan ketat terkait memberikan gadget pada anak-anaknya. Hal tersebut juga sesuai dengan pendapat pakar parenting dan ahli teknologi. Karena penelitian telah membuktikan bahwa membiarkan anak menyentuh teknologi terlalu dini bisa berdampak buruk pada anak.

"Kami tidak membolehkan ada yang memegang ponsel pada saat makan. Kami juga tidak memberikan anak kami ponsel sebelum usianya 14 tahun, dan mereka mengeluh bahwa teman-teman merek sudah memiliki ponsel sebelum berusia 14 tahun," kata Bill.

Berikut ini adalah sederet aturan terkait penggunaan teknologi, yang diterapkan Bill Gates pada anak-anaknya yang SekolahDasar.Net lansir dari laman theAsianparents.

  • Melarang anak mereka memiliki ponsel sebelum berusia 14 tahun
  • Membatasi screen time, sehingga mereka punya waktu lebih banyak untuk dihabiskan bersama keluarga
  • Tidak dibolehkan membawa ponsel pada saat makan
  • Menentukan jam berlaku untuk melihat televisi dan ponsel setiap hari sehingga anak-anak bisa pergi tidur lebih awal dibanding anak lain.

Pemilik merek gadget terkenal di dunia Apple, Steve Jobs juga menyatakan bahwa dia melarang anak-anaknya untuk menggunakan teknologi terbaru. [ Baca: Ini Akibat Jika Anak Kebanyakan Main Gadget ]

Hal ini tentunya membuka mata kita, bahwa para pakar teknologi sendiri tidak membiarkan anak mereka terpapar oleh kecanggihan teknologi terlalu dini. Mereka membiarkan anaknya tumbuh dengan normal, dan bersahabat dengan lingkungan sekitarnya. Agar anak bisa bertumbuh kembang dengan baik.

Sebagai orangtua, kita harus berani tegas dalam menetapkan aturan terkait memberikan gadget pada anak. Meski anak mengeluh ini itu, Anda harus tetap kuat menerapkan aturan itu. Mari jadikan pelajaran untuk lebih tegas dalam peraturan penggunaan gadget pada anak kita di rumah.