Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

RPP Tematik Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013

RPP Tematik Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 (K13) telah dilaksanakan pada kelas 1 jenjang SD/MI dan sederajat. Guru harus mengimplementasikan program yang telah disusunnya sesuai dengan Kurikulum 2013 itu dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pegangan dan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

RPP Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pada kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013, kompetensi dasar juga mengalami revisi, begitu pun buku guru dan buku siswa kelas 1 hingga pemetaan kompetensi Dasar (KD) pada pembelajaran berubah. Sehingga pembuatan RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk kelas 1 juga mengalami perubahan.

Sebelum melakasanakan pembelajaran, guru terlebih dulu harus membuat RPP Tematik sebagai pedoman untuk mendukung pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar. Pada Kurikulum 2013 kelas 1 SD/MI setiap satu subtema dilaksanakan sebanyak 6 pembelajaran. RPP Kurikulum 2013 kelas 1 SD/MI semester 2 dapat didownload melalui tautan berikut ini:




Dalam menyusun dan merumuskan indikator dan tujuan yang akan di capai melalui kegiatan pembelajaran pada RPP kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 harus dilakukan secara mendetail dan terstruktur. Tujuannya agar pada saat materi atau bahan yang akan disampaikan dapat terlaksana dan dapat dipahami siswa setiap pembelajarannya.

Baca: RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP Kurikulum 2013 edisi revisi yang terbaru ini memunculkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Selain itu, harus juga memunculkan Literasi, keterampilan abad 21, dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS). Dibutuhkan kreatifitas guru untuk membuat RPP Tematik yang memunculkan keempat komponen tersebut sehingga menjadi RPP yang utuh dan baik.