Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kisi-kisi Soal Pretest PPG dalam Jabatan Tahun 2018

Kisi-kisi Soal Pretest PPG dalam Jabatan Tahun 2018
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan aturan baru dalam program sertifikasi guru. Mulai tahun 2018, program sertifikasi guru dilaksanakan melalui pola Pendidikan Profesi Guru (PPG). Sertifikasi guru melalui pola PPG dalam Jabatan (PPGJ) bagi guru yang sudah mengajar ini membutuhkan waktu lebih lama dibanding dengan pola sertifikasi guru sebelumnya, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Seleksi calon peserta PPGJ dilakukan melalui ujian (pretest) yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. Kemenristek Dikti bersama Kemendikbud telah menerbitkan kisi-kisi soal pretest PPGJ tahun 2018. Untuk mendapatkan kisi-kisi soal pretest PPGJ sertifikasi guru tahun 2018 dapat didownload melalui laman SIM PKB Guru. Terlebih dulu guru harus login ke akun SIM PKB untuk mendapatkan link/tautan untuk mendownloadnya.

Kisi-kisi soal pretest PPGJ 2018 masih mengacu pada kisi-kisi pretest PPG versi rilis terakhir. Untuk sekedar mengatuhi lingkup materi yang diujikan, guru dapat mempelajari kisi-kisi prestest PPG. Walaupun cakupan materi dalam kisi-kisi tersebut sangat luas atau tidak operasional setidaknya dapat menjadi bahan bagi guru untuk menentukan materi yang dipelajari. Kisi-kisi seleksi pretest PPGJ 2018 dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Untuk mempermudah guru dalam menghadapi ujian pretest PPGJ tahun 2018, dapat dilakukan dengan mendownload kumpulan atau contoh soal latihan pretest PPGJ yang dilengkapi dengan kunci jawaban. Sehingga bisa dipelajari untuk persiapan menghadapi pretest PPG dan akhirnya mendapatkan nilai yang memuaskan serta bisa mengikuti sertifikasi guru tahun 2018. Soal yang diujikan pada pretest PPG terdiri dari kompetensi pedagogik dan profesional.

Baca: Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG untuk Guru SD

Pretest PPGJ tahun 2018 akan dilakukan secara online dengan sistem komputerisasi. Setiap guru harus mempersiapkan diri sebaik mungkin akar dapat mengerjakan soal pretest PPGJ dengan baik dan memperoleh nilai yang bagus dan dapat lulus seleksi calon peserta PPGJ. Bagi guru yang mengikuti PPGJ yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan lulus akan mendapatkan sertifikat pendidik dan berhak mendapatkan tunjangan profesi guru.