» » » Lakukan 7 Hal Ini Demi Membuat Anak Jadi Cerdas

Lakukan 7 Hal Ini Demi Membuat Anak Jadi Cerdas

Lakukan 7 Hal Ini Demi Membuat Anak Jadi Cerdas
Cara membuat anak jadi cerdas terletak pada sikap dan didikan orang tuanya.
Sebuah penelitian dari Universitas Queensland, Australia, pada tahun 2013 mengatakan bahwa 20 hingga 40 persen dari kecerdasan anak adalah faktor genetik. Hal tersebut bukan berarti membuat orang tua tidak mencari cara membuat anak jadi cerdas, karena faktor yang dominan membentuk kecerdasan anak yaitu dari cara orang tua membesarkan dan mendidik mereka.

Salah satu impian setiap orang tua yaitu memiliki anak yang cerdas dan pintar. Untuk mencapai impian tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Ajarkan kedisiplinan sejak dini

Menurut para pakar, kunci kesuksesan terletak pada kedisiplinannya dan bukan pada IQ yang tinggi. Itu artinya, Anak yang diajarkan kedisiplinan sejak dini akan berpeluang menjadi orang sukses di masa yang akan datang. Dari sifat disiplin tersebut akan muncul kecerdasan secara alami. Itulah pentingnya setiap orang tua mengajarkan kedisiplinan pada anak sejak dini.

2. Kenalkan anak pada temannya yang cerdas

Salah satu yang dapat membentuk kecerdasan pada anak yaitu pengaruh pergaulan dan lingkungan. Yang harus Anda lakukan adalah mencarikan dan mengenalkan kepada teman-teman sebayanya yang cerdas. Sehingga anak Anda akan ikut pada kebiasaan positif temannya yang membuat ia menjadi sama-sama cerdas.

3. Berikan waktu bermain

Kecerdasan anak bisa terbentuk secara alami ketika ia bermain. Kretivitasnya akan lebih berkembang ketimbang Anda membatasi waktu bermain pada anak. Yang terpenting adalah orang tua selalu memperhatikan aktivitas bermain anak agar tidak membahayakan keselamatan dirinya.

4. Program belajar secara rutin

Cara membuat anak jadi cerdas selanjutnya adalah menghadirkan program belajar di rumah secara rutin. Jangan memaksa anak untuk belajar, tetapi lakukan dengan cara pendekatan secara halus agar anak nyaman dan senang ketika Anda mengajaknya belajar di rumah. Salah satu cara mengajak anak belajar yaitu dengan metode belajar sambil bermain.

5. Perhatikan pola tidur anak

Tidur yang cukup bagi anak sangat membantu meningkatkan daya ingat lebih lama. Pasalnya, kurang tidur 1 jam saja dari waktu normal dapat membuat kemampuan otak anak berkurang 2 tahun dari umurnya. Jadi, pastikan anak Anda agar pola tidurnya cukup.

6. Berikan pelajaran lewat musik

Sebuah riset menunjukan bahwa anak yang menerima pelajaran melalui musik akan jauh lebih cepat peningkatan IQ-nya dibandingkan dengan mereka yang tidak mempelajari musik. Bahkan, belajar dengan alunan musik akan membuat anak lebih rileks dan menyenangkan.

7. Ajarkan kebiasaan membaca

Membaca dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat sesuatu yang dilihat dan dibacanya. Ajarkan pada anak dengan berbagai cara apapun agar kebiasaan membaca menjadi hobi yang disenanginya.

Baca juga: Tanda-tanda Anak Ber-IQ Tinggi Sesuai Tahapan Umurnya

Ketujuh cara membuat anak jadi cerdas tersebut, dapat Anda terapkan sekarang juga. Lebih baik dimulai dari anak usia dini yaitu sekitar 2 tahun ke atas.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 15 Desember 2018

KOMENTAR ANDA