Soal Pembinaan Olimpiade Matematika SD Level Mudah
Cari Berita

Atas


Soal Pembinaan Olimpiade Matematika SD Level Mudah

Admin
Rabu, 02 Januari 2019

Download soal pembinaan persiapan olimpiade matematika SD level mudah format .pdf
Strategi membina calon peserta olimpiade Matematika untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) salah satu diantaranya adalah berikan sebanyak mungkin soal-soal tingkat Olimpiade. Dimulai dengan soal-soal yang relatif lebih mudah, secara bertahap naikkan tingkat kesulitan soal. Soal pembinaan persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) mata pelajaran Matematika bisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti buku bank soal olimpiade dan internet.

Ciri utama dari soal olimpiade matematika SD adalah bersifat non-rutin dan menekankan pada pemecahan masalah (problem solving). Oleh karena itu, soal-soal olimpiade matematika jarang ditemui di kelas. Istilah yang kekiniannya adalah soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Untuk dapat menyelesaikan soal-soal olimpiade Matematika, lebih diperlukan proses berpikir secara kritis, logis, nalar dan kreatif, tidak lagi sekedar ingatan.

Contoh Soal Pembinaan Olimpiade Matematika SD Level Mudah

Soal Pilihan Ganda

1. Dalam kompetisi matematika, Anis termasuk dalam urutan ke-13 dari atas sekaligus urutan ke-789 dari bawah. Ada berapa jumlah peserta kompetisi matematika itu?
A. 800
B. 801
C. 802
D. 808

3. Jika kamu membuka sebuah buku dan kamu menjumlahkan kedua halaman buku, kamu mendapatkan angka 101, maka salah satu halaman tersebut adalah ….
A. 60
B. 50
C. 29
D. 40

Soal Isian Singkat

5. Umur Pak Danu 5 tahun lebih tua dari umur Bu Ela. Umur Bu Ela 30 tahun kurang dari umur Pak Farid. Umur Pak Farid tiga kali umur Bu Gina. Jika umur Bu Gina 25 tahun. Berapa umur Pak Danu?

9. Harga 5 bungkus coklat Rp. 35.000,- dan harga 7 bungkus permen Rp. 28.000,- Ani membeli 3 bungkus coklat dan 3 bungkus permen, maka uang yang harus dibayarkan Ani adalah ....

Soal Uraian

4. Uang saku Mira dan uang saku Dita jumlah semuanya Rp 10.000,-. Pagi hari Mira membeli Roti Rp 1.000,-, Nasi goreng Rp 2.500,- dan Es Jus Rp 1.500,- dan uang sakunya bersisa Rp. 1.000,-. Sedangkan Dita hanya membeli Es Krim Rp 2.000,-. Berapakah sisa uang milik Dita?

Selengkapnya soal pembinaan olimpiade matematika SD level mudah seperti soal di atas dalam format .pdf yang dibagikan oleh blog kurniasepta.com dapat Anda download melalui link berikut ini:


Olimpiade matematika tingkat SD menjadi topik yang hangat dibicarakan mulai tahun 2002 sejak diselenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dengan matematika sebagai salah satu bidangnya. Siswa yang mengikuti OSN adalah siswa terbaik yang telah lolos seleksi tingkat kecamatan lalu kabupaten dan provinsi. Siswa terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing.