Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal Ulangan atau Penilaian Harian Kelas 4 Tema 7

Kumpulan Soal Ulangan atau Penilaian Harian Kelas 4 Tema 7
Download kumpulan  soal penilaian harian atau ulangan harian Kurikulum 2013 untuk kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku.

Penilaian Kurikulum 2013 (K-13) berbasis tema karena dalam sistem pengajaran kurikulum 2013 di kelas 4 SD/MI dilaksanakan dalam bentuk tema. Pada pembelajaran tematik K-13 setiap tema dibagi 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir dari setiap subtema dilaksanakan ulangan harian (UH) atau penilaian harian (PH) yang terdiri dari beberapa kompetensi dasar (KD) muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 4 SD/MI sesuai K-13 revisi harus dilakukan karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal. Dengan pemetaan KD dapat mengetahui KD yang muncul pada setiap subtema dan pembelajaran. Proses evaluasi berupa Ulangan Harian (UH) atau Penilaian Harian (PH) dilakukan dengan metode tematik terpadu.

Seluruh SD/MI telah menggunakan Kurikulum 2013 (K13) yang menggunakan pembelajaran pendekatan tematik terpadu. Untuk setiap tema kelas 4 SD Kurikulum 2013 (K13) terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir dari setiap subtema dilaksanakan Penilaian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH). Pada kelas 4 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku dilaksanakan pada semester 2.

Soal ulangan harian atau penilaian harian kelas 4 SD/MI tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kurikulum 2013 terdiri dari soal pilihan ganda, soal dengan dengan jawaban singkat dan soal uraian. Selengkapnya soal penilaian harian atau ulangan harian Kurikulum 2013 untuk kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku dalam format .pdf yang belum disertai dengan kunci jawabannya yang bisa langsung diprint dapat Anda download melalui tautan berikut ini:


Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi ujian atau ulangan harian, khususnya kelas 4 SD/MI Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku, dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas. Selain kompetensi pengetahuan, siswa juga harus menguasai kompetensi ketrampilan sesuai standar isi Kurikulum 2013. Nilai ulangan harian menjadi salah satu komponen penilaian akhir pada rapor hasil belajar peserta didik.

Baca: RPP K13 PAI dan Budi Pekerti Kelas 4 Semester 2

Nilai untuk penilaian harian dapat diperoleh melalui tes tulis, tes lisan dan perbuatan. Tidak harus semua teknik penilaian dilaksanakan dalam satu KD, tapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia. Nilai akhir rata-rata harian masing-masing KD merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh atau bisa juga dilakukan dengan sistem pembobotan seperti : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes lisan + nilai tugas:2).