Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Orangtua Modern Mudah Marah kepada Anak

Kebiasaan pemakaian gadget yang berlebihan membuat orangtua jadi mudah marah pada anak dan cenderung tidak peduli.

Ternyata, kebiasaan pemakaian gadget yang berlebihan membuat orangtua kehilangan keseimbangan membagi waktu personal, bisnis, dan waktu untuk diri sendiri. Alhasil, banyak orangtua secara tidak sadar menderita depresi serta rasa tidak bahagia yang berkepanjangan.

Kondisi tersebut pun akhirnya membuat orangtua jadi mudah marah pada anak dan cenderung tidak peduli pada kebutuhan emosional anak. Menurut penelitian yang dilaporkan oleh Science Daily, estimasi orangtua memakai gadget secara intens adalah selama tiga jam setiap hari.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics menguraikan bahwa pemakaian gadget telah mendominasi waktu yang seharusnya dihabiskan untuk keluarga dan anak-anak. Hasil studi tersebut berdasarkan sesi wawancara bersama 35 responden secara mendalam dan dilakukan lebih dari satu tahun.

Lihat juga: Dampak Negatif jika Orangtua Sering Marah pada Anak

“Kami menemukan bahwa orangtua kesulitan membagi waktu karena setelah pulang kantor pun mereka masih terhubung dengan pekerjaan lewat email dan aplikasi chatting,” terang Jenny Radesky, M.D yang dikutip dari Kompas.

Kondisi itu, kata Radesky, membuat banyak orangtua yang tidak benar-benar ada untuk anak meski saling berdekatan. Studi juga mengungkapkan, tekanan kerja semakin tinggi karena tak juga berhenti meski sudah pulang kerja. Kondisi ini karena banyak orangtua modern yang terus terhubung dengan pekerjaan dan bisnis lewat ponsel pintar.