Aktivitas Menyenangkan dan Mendidik Anak Saat Lebaran
Cari Berita

Atas


Aktivitas Menyenangkan dan Mendidik Anak Saat Lebaran

Kamis, 20 Juni 2019

Aktivitas Menyenangkan dan Mendidik Buat Anak Saat Lebaran
Melakukan aktivitas menyenangkan dan mendidik buat anak saat lebaran ini akan membantu anak mempelajari hal-hal baru.

Memikirkan daftar aktivitas menyenangkan dan mendidik buat anak saat lebaran merupakan hal wajib bagi orang tua agar sang buah hati tidak merasa bosan selama liburan panjang Idul Fitri. Selain bersilaturahmi dengan keluarga besar, sebenarnya banyak alternatif lain untuk dilakukan bersama anak. Sederet kegiatan asyik berikut layak dicoba untuk mengisi waktu berlibur mereka.

1. Menyiapkan Hidangan Lebaran


Supaya anak tidak bermalas-malasan dan belajar untuk membantu orang tua, tidak ada salahnya untuk mengajak buah hati Anda membuat sajian lebaran yang khas. Baik aneka kue kering maupun menu spesial yang selalu ada saat momentum Idul Fitri tiba. Anak-anak pasti akan merasa senang karena memasak merupakan aktivitas yang menghibur sekaligus bermanfaat.

Selain menggugah semangat, mengajak mereka membuat hidangan lebaran juga mengajari mereka untuk belajar memasak sedari dini. Sehingga mereka tidak membiasakan diri jajan di luar rumah yang higienitasnya kadang perlu dipertanyakan. Atau kalau anak masih terlalu kecil, cukup ajak anak untuk menata kue di toples hidang atau meletakkan masakan di meja makan.

2. Membuat Kartu Lebaran Sendiri


Meskipun sekarang memberi atau mengirim kartu ucapan lebaran dianggap sudah ketinggalan zaman, tapi tidak ada salahnya untuk mengajak anak membuatnya sebagai pengisi waktu liburan. Daripada mereka hanya menghabiskan waktu dengan bermain perangkat elektronik, membuat kartu lebaran lebih bermanfaat karena merangsang kreativitas anak sekaligus keterampilan motorik mereka.

Izinkan anak untuk menentukan konsep kartu lebaran yang ingin dibuat agar mereka tidak merasa terpaksa. Setelah mereka mengetahui konsep yang diinginkan, mereka dapat mulai membuat desain, rangkaian kata yang disertakan, berikut memilih bahan-bahan untuk digunakan. Aktivitas menyenangkan dan mendidik buat anak saat lebaran ini juga dapat membantu mereka untuk melatih kesabaran dalam berproses.

3. Keliling Kampung Halaman


Bagi Anda yang menjalani tradisi mudik dari daerah metropolitan ke kampung halaman di daerah pedesaan, Anda dapat mengajak anak untuk berkeliling menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Sambil menikmati keasrian pedesaan, Anda dapat menceritakan tentang kisah masa kecil pada buah hati agar dia tidak merasa bosan. Hal itu dapat membangun kecintaan anak pada kampung halaman Anda.

Selain berkeliling, ajarkan pula anak untuk memainkan aneka permainan tradisional yang mungkin sebelumnya tidak mereka ketahui karena kesibukan hidup di perkotaan. Dengan mewariskan pada generasi muda, maka permainan-permainan tradisional tersebut tidak akan lenyap tergerus zaman. Karena permainan tradisional biasanya mengandalkan kekuatan fisik, anak Anda juga dapat sekaligus berlatih menjadi lebih bugar.

4. Bersih-bersih dan Berbenah Rumah


Biasanya, saat lebaran tiba, asisten rumah tangga yang biasa membantu di rumah akan izin cukup lama agar bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Gunakan kesempatan tersebut untuk mengajak anak membersihkan dan membereskan rumah selama masa libur lebaran mereka. Bila tidak tega, mulai saja dari membantu mengerjakan hal yang mudah dan ringan.

Banyak manfaat dari meminta anak membantu melakukan kegiatan tersebut. Pertama, mendidik anak untuk tidak mengandalkan orang lain. Kedua, membangun rasa cinta anak pada kebersihan. Terakhir, mereka juga menjadi lebih disiplin. Jika bisa, terapkan kebiasaan tersebut tidak hanya ketika lebaran, tetapi juga pada hari-hari biasa.

Melakukan keempat aktivitas menyenangkan dan mendidik buat anak saat lebaran di atas akan membantu anak mempelajari hal-hal baru. Mereka juga tidak menghabiskan waktu libur lebaran mereka dengan sia-sia atau sampai dihinggapi oleh rasa bosan. Anda boleh memilih salah satu atau mengerjakan semuanya sekaligus mengingat waktu liburan anak sekolah tahun ini lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya.