Cara Menenangkan Anak Saat Mengamuk di Tempat Umum
Cari Berita

Atas


Cara Menenangkan Anak Saat Mengamuk di Tempat Umum

Selasa, 11 Juni 2019

Cara Menenangkan Anak Saat Mengamuk di Tempat Umum
Pilihlah cara menenangkan anak mengamuk yang terbaik agar bisa memahami bahwa apa yang dilakukannya merupakan perbuatan yang tidak baik.

Anak bisa saja tiba-tiba mengamuk di tempat umum. Para orang tua yang mengalaminya banyak yang merasa bingung langkah apa yang seharusnya dilakukan untuk menenangkannya. Hal ini karena jika langkah yang dilakukan salah, bisa jadi bukan tenang yang dirasakan anak tapi malah semakin mengamuk. Berikut akan dijelaskan mengenai cara menenangkan anak mengamuk di tempat umum yang bisa Anda jadikan referensi.

Anak Mengamuk di Tempat Umum


Pada saat anak mengamuk di tempat umum, orangtua harus bisa menenangkannya dengan cara yang tepat. Jangan malah berpura-pura tidak mengenali anak Anda tersebut hanya karena merasa malu. Jangan juga bersembunyi atau kabur. Banyak sekali orangtua yang mengalami kondisi serupa. Jadi, Anda tidak perlu merasa malu.

Meskipun tindakan anak mengamuk di tempat umum memang bukanlah hal yang baik, namun Anda tidak boleh langsung memarahinya atau bahkan memukulnya di depan umum. Memukul atau memarahinya secara langsung bukanlah solusi terbaik. Nasehati anak dengan lembut dan pahamkan bahwa apa yang dilakukannya tersebut bukanlah hal yang baik untuk dilakukan.

Cara Menenangkan Anak Mengamuk di Tempat Umum


Terdapat beberapa cara menenangkan anak mengamuk di tempat umum yang bisa Anda coba lakukan:

1. Jangan Malu

Jangan malu ketika anak Anda mengamuk di tempat umum.Situasi seperti itu memang merupakan sesuatu hal yang sulit. Namun,banyak orangtua yang pernah mengalami keadaan seperti ini. Jadi, Anda tidak perlu merasa malu dan segeralah menangani masalah ini dengan solusi yang terbaik.

2. Janganlah Langsung Menegur

Ada satu kesalahan yang paling sering orangtua lakukan terhadap anak ketika mengamuk di tempat umum yaitu langsung menegurnya. Tindakan ini bukanlah yang tepat dilakukan. Anak-anak sangat merasakan tidak aman pada usia tersebut. Mereka membutuhkan dukungan dan perhatian Anda.Sebaiknya, Anda mencoba untuk memahami apa yang ia perlukan saat itu.

Bisa jadi alasan anak mengamuk adalah karena ia merasa kesal. Bisa jadi Anda pergi mengajaknya di saat yang kurang tepat atau ketika ia merasakan lapar.Jadi, Anda harus memahami terlebih dahulu situasinya. Jadwalkan ulang aktivitas Anda jika memang memungkinkan.

Langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk menangani anak mengamuk di tempat umum adalah dengan menunjukkan tindakan yang rasional dan tenang dari Anda. Cobalah untuk menenangkan anak mengamuk dengan kata-kata yang lembut.

3. Ajak Anak ke Tempat Sepi

Bawalah anak ke tempat yang sepi. Misalnya di dalam mobil Anda atau dipojokan yang jauh dari fokus orang lain. Setelah itu cobalah untuk menjelaskan kepada anak. Sangat penting bagi Anda untuk menjelaskan mengenai rasa tidak suka Anda terhadap perbuatannya mengamuk di tempat umum tadi. Hal ini bertujuan agar anak bisa menghubungkan kedua hal itu, lalu tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

4. Jangan Menertawakan

Jangan pernah menertawakan kelakukaannya tersebut karena bisa membuat anak bingung. Bahkan karena ditertawakan anak menjadi mengulang kembali tingkah yang sama ketika berada dalam situasi yang serupa.

5. Memberikan Keyakinan

Sesudah anak selesai mengamuk, Anda harus memberikan keyakinan terhadapnya bahwa Anda menyayanginya. Seringkali kejadian seperti ini akan membuat anak merasa ketakutan karena merasa mempunyai tanggung jawab terhadap hal tersebut.Anda juga harus memberikan batasan yang jelas ketika mendisiplinkan anak.

Jangan sampai Anda salah bersikap ketika hendak menenangkan anak mengamuk di tempat umum. Pilihlah cara menenangkan anak mengamuk yang terbaik agar bisa memahami bahwa apa yang dilakukannya merupakan perbuatan yang tidak baik. Semoga bermanfaat