Kenali Penyebab Anak Sulit Berkonsentrasi
Cari Berita

Atas


Kenali Penyebab Anak Sulit Berkonsentrasi

Senin, 03 Juni 2019

Anda harus mengetahui beberapa penyebab anak sulit berkonsentrasi untuk bisa melakukan upaya pencegahan atau mengatasinya.

Anak biasanya mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi di dalam memahami sesuatu hal terutama materi pelajaran di sekolah. Hal ini terjadi bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab anak sulit berkonsentrasi.

Apa sajakah penyebab tersebut? Berikut akan dijelaskan mengenai 5 penyebab anak sulit berkonsentrasi dan tips meningkatkan konsentrasi.

5 Penyebab Anak Sulit Berkonsentrasi


Anak mengalami sulit berkonsentrasi dipengaruhi banyak sekali faktor. Anda sebaiknya mengidentifikasi kesulitan konsentrasi anak sejak dini agar lebih mudah untuk mencari jalan keluarnya. Terdapat 5 penyebab anak sulit berkonsentrasi:

• Asupan Makanan

Asupan makanan mempengaruhi daya konsentrasi. Anak-anak bisa mengalami penurunan fungsi kognitifjika mengkonsumsi makanan rendah nutrisi. Sebaiknya hindarkan anak Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan garam, makanan siap saji yang memiliki kandungan vetsin, bahan pewarna serta zat-zat pengawet jenis lainnya. Biasakan anak mengkonsumsi buah dan sayur serta air putih.

• Tekanan Emosi

Tekanan emosi yang dialami oleh anak bisa mengganggu konsentrasinya dalam proses belajar. Jadi, Anda harus mengetahui kondisi keseharian anak.

• Beragamnya Perlengkapan Elektronik

Munculnya berbagai macam perlengkapan elektronik seperti TV, gadget, ipad dan lainnya jika dipakai berjam-jam setiap hari bisa memecah konsentrasi. Selain itu juga bisa melemahkan memori. Anda harus menyediakan alternatif untuk bermain anak lainnya, seperti misalnya buku atau bisa juga alat-alat menggambar.

• Kurang Tidur

Menurut penelitian, anak yang di malam hari kurang tidur akan mempunyai perilaku yang buruk di siang hari. Hal ini tentu saja berkaitan dengan penurunan daya konsentrasi. Ketika anak mengalami kurang tidur, maka bagian otaknya akan berjalan dengan lebih keras untuk melakukan perlawanan terhadap efek kurang tidur. Akibat yang ditimbulkan adalah otak di dalam menjalankan fungsinya yang lain menjadi kurang efektif.

• Suasana yang Gaduh

Sebaiknya Anda membebaskan rumah dari kebisingan yang bisa menurunkan konsentrasi anak. Berikanlah anak suasana belajar yang menyenangkan. Misalnya Anda bisa menambahkan latar belakang musik jenis klasik. Usahakan agar anak belajar di tempat yang memiliki cukup cahaya.



Tips Meningkatkan Konsentrasi


Setelah mengetahui penyebab anak sulit berkonsentrasi selanjutnya Anda harus tahu cara mengatasinya. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan kepada anak untuk meningkatkan daya konsentrasi.

• Fokus pada Satu Tugas Serta Batasi Gadget

Supaya mudah untuk berkonsentrasi, biarkan anak fokus pada satu tugas dan batasi penggunaan gadget. Jika perlu hindarkan gadget ketika anak sedang belajar. Jangan biarkan anak mengerjakan tugas sulit terus menerus. Jika membutuhkan akses internet, maka tetapkan waktu khusus.

• Luangkan Waktu Untuk Istirahat

Selingi kesibukan anak dengan kegiatan yang menyenangkan agar tidak terlalu stres. Anda bisa mengajak anak untuk berjalan ke luar ruangan sekitar waktu 10 menit. Anda juga bisa menyediakan makanan maupun minuman favorit anak.

• Tidur Teratur

Konsentrasi bisa maksimal jika istirahat cukup. Maka,berikanlah waktu tidur anak yang cukup. Jangan sampai anak kurang tidur dan tidurnya tidak teratur.

• Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Berikanlah anak makanan yang sehat. Berikan anak asupan makanan bernutrisi yang seimbang. Karena lapar adalah salah satu penyebab konsentrasi hilang. Ada berbagai macam jenis makanan yang bisa membantu untuk meningkatkan konsentrasi seperti jeruk, bayam, wortel dan juga sayuran hijau.

Jadi, Anda harus mengetahui beberapa penyebab anak sulit berkonsentrasi untuk bisa melakukan upaya pencegahan atau mengatasinya. Di atas juga sudah dijelaskan mengenai tips meningkatkan konsentrasi yang bisa Anda coba terapkan kepada si kecil.