Tips dan Trik Agar Anak Tak Lengket dengan Gadget
Cari Berita

Atas


Tips dan Trik Agar Anak Tak Lengket dengan Gadget

Minggu, 26 Mei 2019

Tips dan Trik Agar Anak Tak Lengket dengan Gadget
Anak lengket banget dengan gadget? Coba terapkan trik agar anak tak lengket dengan gadget ini, agar anak tidak ketergantungan dengan gadget.

Gadget sekarang ini menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan, tidak hanya orang dewasa saja yang memainkan gadget. Anak-anak sudah banyak yang dibelikan gadget oleh orang tuanya. Banyak anak yang diberikan gadget menjadi lengket dan rewel ketika dilarang untuk memainkan gadget-nya. Padahal, gadget sangat berbahaya untuk anak usia dini. Apa saja bahayanya dan bagaimana trik agar anak tak lengket dengan gadget? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut:

6 Trik Agar Anak Tidak Lengket dengan Gadget


Ada 6 trik agar anak tak lengket dengan gadget:

1. Mengajak Bermain

Ajaklah anak untuk bermain agar tidak lengket dengan gadget. Temani mereka bermain sesering mungkin supaya melupakan gadget. Meskipun tidak sepenuhnya bisa terlepas, namun mengurangi anak bermain gadget sudah sangat baik dilakukan.

2. Mengenalkan Buku

Kenalkan buku yang berwarna dan didominasi oleh gambar kepada anak. Kenalkan anak dengan gambar-gambar yang ada di dalam buku dan ajaklah bermain tebak-tebakan. Siapa tahu jika hal ini dilakukan akan membuat anak menjadi lebih gemar terhadap buku daripada gadget.

3. Menonton Acara Favoritnya

Jika si kecil merengek meminta untuk bermain gadget, maka Anda bisa mengajaknya menonton acara favoritnya seperti misalnya kartun.Ikutlah menonton acara tersebut bersama anak dan pastikan rengekannya hilang. Larutlah dalam acara yang di tonton.Semakin lama anak akan mudah teralihkan perhatiannya dari gadget.

4. Menjauhkan Gadget dari Penglihatannya

Trik agar anak tak lengket dengan gadget selanjutnya, letakkan gadget pada lokasi dimana anak tidak bisa melihatnya. Tujuannya adalah supaya anak tidak bisa mengambilnya. Jadi, ia akan lebih memilih mainan yang lainnya. Jika si kecil menangis, ajaklah bermain di luar atau bujuklah supaya tidak menangis lagi. Anda bisa mengajaknya menemukan kesenangan baru pada mainan yang lainnya.

5. Mengajak Anak Mencari Kawannya

Ajaklah anak untuk mencari kawannya. Anda bisa mengajaknya untuk keluar ke tetangga yang memiliki anak kecil juga pada saat ia merengek. Biarkanlah mereka bermain bersama-sama disana sambil diawasi.

6. Memberi Password Gadgetnya

Berikan password pada gadget agar anak tidak bisa membuka gadget seenaknya.Anda juga bisa menunda kemauannya untuk bermain.Alihkan perhatian si kecil dengan cara mencari berbagai macam hal untuk membuat anak agar tidak tergoda dengan gadget. Trik agar anak tak lengket dengan gadget yang satu ini lumayan ampuh.

Bahaya Gadget untuk Anak Usia Dini


Gadget untuk anak usia dini sangat membahayakan. Berikut beberapa bahayanya, yaitu meliputi:

• Membuat Sulit Tidur

Bahaya dari gadget yang bisa menyerang anak yaitu membuatnya menjadi kesulitan tidur. Hal ini bisa terjadi karena gadget mengeluarkan sinar biru yang bisa membuat otak bingung untuk mengirimkan sinyal mengantuk kepada anak. Akibatnya anak-anak akan sulit tidur jika tidak memakai gadget minimal selama waktu 3 jam sebelum tidur.

• Membuat Malas Gerak

Bahaya lainnya dari kebiasaan memakai gadget yaitu membuat anak menjadi malas gerak.Padahal anak-anak memerlukan kondisi tubuh yang aktif bergerak untuk bisa melatih fisik tubuhnya tetap kuat.Jika anak-anak sudah memainkan gadget, maka mereka akan lebih banyak duduk. Bahkan anak-anak bisa terancam obesitas karena malas untuk bergerak.

Membuat Konsentrasi Menjadi Pendek

Penggunaan gadget pada anak juga bisa membuatnya sulit untuk berkonsentrasi. Konsentrasinya tergantikan oleh banyak fitur yang ada di dalam gadget. Konsentrasi yang pendek ini sangat merugikan anak ketika bersekolah nantinya.

Bahaya dari gadget untuk anak membuat Anda sebagai orangtua harus berusaha untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak. Trik agar anak tak lengket dengan gadget di atas bisa coba Anda terapkan untuk anak Anda.