Cara Komunikasi dengan Siswa Agar Jadi Guru Favorit
Cari Berita

Atas


Cara Komunikasi dengan Siswa Agar Jadi Guru Favorit

Kamis, 22 Agustus 2019

Cara Komunikasi dengan Siswa Agar Jadi Guru Favorit
Banyak hal yang harus dilakukan agar menjadi guru favorit siswa. Salah satunya melalui cara komunikasi dengan siswa.

Untuk menjadi guru favorit bagi semua siswa, bukanlah hal yang gampang. Perlu adanya pendekatan secara naluri dengan mendalami karakteristik setiap siswa. Sejatinya guru pun bukan hanya memiliki kewajiban untuk mentransfer ilmu saja, tetapi harus pula menjadi figur untuk dijadikan teladan bagi setiap anak didiknya. Cobalah dengan melakukan beberapa cara komunikasi dengan siswa agar lebih akrab dan mengenal lebih dalam satu sama lain.

Pentingnya Komunikasi Antara Guru dengan Siswa

Salah satu yang menjadi nilai tambah bagi siswa terhadap guru, yaitu memiliki sikap ramah dan enak diajak berkomunikasi. Dengan komunikasi inilah, siswa akan merasa lebih nyaman, bahkan guru pun akan menyerap lebih dalam seperti apa kemauannya.

Selain itu, menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, tentu akan menambah keakraban dan membuat suasana di dalam kelas tidak terkesan menegangkan. Alhasil, proses belajar mengajar menjadi lebih santai dan siswa dapat memahami dengan cepat materi-materi yang diajarkannya.

Melalui komunikasi juga, seorang guru dapat dengan mudah memahami masing-masing karakteristik siswa. Sehingga, penyampaian materi ataupun hal-hal lainnya dapat disesuaikan dan tidak pula disamaratakan.

Cara Berkomunikasi dengan Siswa


Komunikasi bukan hanya sekedar berbincang dengan siswa saja, tetapi secara luas mencakup pada sikap, perhatian, dan ketulusan yang diperlihatkan guru selama berada di sekolah. Dengan hal itu, melakukan komunikasi sebetulnya tidak ada batasan. Sehingga, untuk menjadi guru favorit, bisa pula lewat cara komunikasi dengan siswa melalui beberapa hal berikut ini:

1. Perlihatkan antusias mengajar

Dengan memperlihatkan semangat mengajar, tanpa memperdulikan masalah-masalah yang ada di rumah, tentu sangat berpengaruh terhadap penilaian siswa. Memperlihatkan antusiasme mengajar bagi seorang guru, adalah sebagian cara komunikasi melalui sikap.

2. Tampilkan karakter berwibawa

Guru yang memiliki wibawa, biasanya disegani oleh setiap siswa. Bukan berarti harus jaim, tidak senyum, maupun jarang komunikasi. Justru dengan memiliki karakter berwibawa, guru dapat berkomunikasi dengan siswa sesuai kebutuhannya. Sehingga, komunikasi melalui sikap inilah, siswa akan segan dan menuruti apa saja yang harus dilakukan, tentunya masih dalam ruang lingkup proses belajar mengajar.

3. Interaktif

Interaktif sama halnya dengan rajin menjalin komunikasi dengan siswa. Bangun komunikasi yang baik dengan siswa dan berikan tanggapan positif saat mereka menceritakan permasalahan yang dihadapinya.

4. Supel

Menjadi guru favorit bagi siswa, yaitu harus memiliki jiwa supel. Dalam artian, tidak membedakan latar belakang siswa dan tetap menjalin hubungan komunikasi dengan baik, meskipun yang harus dihadapinya beragam karakter yang berbeda-beda.

5. Tunjukan sisi lain yang menyenangkan

Karakteristik seorang guru yang berwibawa, bukan tidak bisa untuk membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih santai dan menyenangkan. Caranya, yaitu dengan menunjukan sisi lain yang sifatnya humoris.

Menjalin komunikasi dengan sesuatu hal yang membuat siswa merasa senang, tentu akan membuatnya selalu nyaman saat mengikuti proses belajar mengajar. Menunjukan sisi lain yang menyenangkan inilah, peluang menjadi guru favorit bagi siswa terbuka lebar.

6. Fasih berkomunikasi

Maksudnya adalah tidak hanya fasih saat berbincang santai, tetapi fasih dalam menjelaskan materi atau arahan dengan cara berkomunikasi dengan lantang, jelas, jujur, ringkas, dan tidak berbelit-belit.

7. Tulus dalam mengajar

Naluri siswa akan menilai ketulusan seorang guru yang mengjarnya. Komunikasi lewat alam bawah sadar ini, sangat mempengaruhi tingkat penyerapan siswa pada ilmu atau akademik yang disampaikan guru tersebut.

Mengajar siswa dengan ketulusan, merupakan faktor penting agar menjadi guru yang difavoritkan.
Nah, cara komunikasi dengan siswa di atas, harus dilakukan secara konsisten. Semoga Anda menjadi guru teladan dan favorit semua siswa.