Cara Mengatasi Siswa Ramai atau Ribut Selama Pembelajaran Berlangsung
Cari Berita

Atas


Cara Mengatasi Siswa Ramai atau Ribut Selama Pembelajaran Berlangsung

Rabu, 04 September 2019

Cara Mengatasi Siswa Ramai atau Ribut Selama Pembelajaran Berlangsung
Cara mengatasi siswa ramai atau ribut selama pembelajaran berlangsung sebenarnya sederhana tanpa melibatkan emosi maupun hukuman.

Bagi pengajar, mengetahui cara mengatasi siswa ramai atau ribut selama pembelajaran berlangsung merupakan modal penting. Sebab, tidak sekali atau dua kali saja situasi semacam itu akan terjadi. Padahal, jika mereka ribut selama pemberian materi, hal ini tentu akan berdampak pada kesulitan penerimaan pada pelajar itu sendiri.

Cari Tahu Penyebab Anak Didik Ramai di Kelas

Sebelum mencari cara untuk mengatasi, tentu Anda perlu tahu dulu apa sekiranya yang melatarbelakangi tindakan mereka ricuh di dalam kelas. Ada beberapa faktor yang biasanya memicu aksi semacam itu dari para murid :

1. Bosan

Kejenuhan atau rasa bosan merupakan alasan utama mereka memilih untuk mengabaikan pemberian materi. Hal ini dapat dipicu oleh rasa tidak senang anak terhadap mata pelajaran yang tengah diberikan atau cara guru mengajar yang terlalu monoton. Jadi, untuk mengusir rasa bosan itu, mereka pun membuat ramai di kelas.

2. Mengantuk

Bisa jadi, rasa kantuk yang tidak tertahankan menjadi alasan para pelajar untuk ramai di kelas. Daripada dihukum akibat mengantuk, mereka pun memicu keributan agar rasa kantuk hilang. Umumnya ini terjadi pada anak-anak yang memiliki kebiasaan tidur terlalu larut atau memang sedang dilanda rasa malas bersekolah.

Cara Mengatasi Anak Agar Tertib di Kelas


Kedua alasan di atas merupakan latar belakang utama dari tindakan siswa membuat keributan di dalam kelas. Lantas, bagaimana cara mengatasi siswa ramai atau ribut selama pembelajaran berlangsung? Berikut ini tips mudah untuk membuat suasana dalam kelas menjadi kondusif :

1) Berikan Materi dengan Metode Pembelajaran Kreatif

Libatkan anak secara aktif dalam pemberian materi pelajaran di kelas. Buang jauh-jauh konsep mengajar ‘guru menerangkan, murid mendengarkan’. Ajak mereka untuk berdiskusi atau berikan materi melalui analogi permainan. Tidak hanya efektif mengusir bosan atau kantuk, metode ini dapat meningkatkan minat mereka secara signifikan pada kelas Anda.

2) Terapkan Gaya Mengajar Santai Tapi Terarah, Selipkan Humor

Membangun imej sebagai guru yang killer sudah tidak lagi relevan pada era masa kini. Semakin keras Anda bersikap, justru semakin besar keinginan anak-anak untuk membangkang. Jadi, lebih baik bangun karakter sebagai pengajar yang menyenangkan. Berikan materi secara santai dan jangan ragu untuk sesekali menyelipkan humor dalam penyampaian materi.

3) Berikan Rewards

Rewards atau hadiah merupakan hal yang efektif untuk memacu jiwa kompetitif anak didik. Bagi mereka yang mau menyimak kelas Anda dan mampu menjawab poin-poin pertanyaan yang dilontarkan, berikanlah penghargaan sederhana. Bisa berupa makanan atau minuman ringan dan semacamnya. Perlahan, seisi kelas terbiasa untuk menyimak dengan tenang untuk turut mendapat rewards.

Tidak sulit bukan sebenarnya cara mengatasi siswa ramai atau ribut selama pembelajaran berlangsung? Anda tidak perlu marah-marah hingga memberikan hukuman pada mereka, karena ada banyak cara yang lebih bijak untuk menangani hal tersebut. Contohnya metode-metode mudah di atas.