10 Cara Mengajar yang Baik dan Benar untuk Guru
Cari Berita

Atas


10 Cara Mengajar yang Baik dan Benar untuk Guru

Minggu, 25 Agustus 2019

10 Cara Mengajar yang Baik dan Benar untuk Guru
Tidak semua guru tahu, bagaimana cara mengajar yang baik dan benar. Jika Anda memerlukan informasi tersebut, maka bisa disimak penjelasannya dalam artikel ini.

Sebagai seorang guru, baik yang pertama kali mengajar atau yang sudah lama, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik dan benar agar murid merasa nyaman saat menerima materi yang disampaikan.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak soal cara dan metode mengajar yang baik dan benar, coba cermati dan praktikkan beberapa hal berikut ini:

1. Mengajar tidak hanya berdiri dan duduk saja

Jika diibaratkan, guru yang mengajar seperti ini terlihat kaku dan membosankan. Hindari cara mengajar yang hanya berdiri atau duduk saja, karena murid akan merasa jenuh harus melihat pada objek yang tidak bergerak.

Cobalah dengan melakukan teknik interaksi, yaitu mengajar dengan jarak yang lebih dekat dengan murid dan berkeliling ke sekitar bangku setiap murid. Dengan begitu, murid tidak akan jenuh karena pandangannya selalu berubah-ubah arah.

2. Gunakan metode khusus agar murid merespon materi yang disampaikan

Setelah Anda selesai menjelaskan materi pembelajaran, selanjutnya ajak murid-murid untuk berdiskusi atau buka kesempatan bertanya agar suasana belajar tidak tegang. Metode khusus lainnya, yaitu dengan memancing murid untuk berkomentar atau berpendapat soal materi yang telah Anda sampaikan. Apapun respon atau pendapat yang mereka sampaikan, Anda harus berikan apresiasi atau penghargaan agar semangat belajarnya terus melecut.

3. Variasikan cara Anda mengajar

Cara memvariasikan proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti halnya memancing semangat belajar terlebih dahulu dengan menyanyikan yel-yel, kemudian disela-sela penyampaian materi adakan pula kuis, dan diakhiri dengan mengajak murid untuk berdebat atau saling melontarkan pendapat masing-masing.

4. Jadilah guru yang supel

Tunjukan rasa prihatin saat ada murid mengungkapkan permasalahan hidupnya, meskipun hal tersebut diluar jam pelajaran. Berikan solusi yang membuatnya merasa menemukan jalan keluar. Jadilah sosok teladan yang supel kepada semua murid tanpa melihat latar belakangnya.

5. Gunakan teknologi saat mengajar

Sekarang ini sudah banyak sarana mengajar bagi seorang guru agar lebih efektif dan efisien, salah satunya yaitu dengan menggunakan peralatan teknologi modern seperti visual audio dan video. Dengan memaksimalkan teknologi dalam mengajar, murid pun tidak akan merasa bosan.

6. Mengajar dengan cara interaktif

Cara ini sebetulnya sudah kami singgung pada poin-poin sebelumnya. Intinya, saat Anda mengajar, usahakan untuk selalu interaktif dengan murid. Dengan begitu, kedekatan guru dengan murid semakin hangat dan materi yang disampiankan pun lebih mudah diserapnya. Cara mengajar yang baik dan benar ini, bisa dibilang wajib untuk dilakukan oleh semua guru di sekolah.

7. Belajar di luar kelas

Untuk menghilangkan kesan bosan di dalam kelas, Anda bisa ajak murid-murid untuk belajar di alam terbuka. Bisa dengan memanfaatkan taman sekolah atau dengan berkunjung ke tempat-tempat lain yang asri dan yang penting tidak jauh dari lingkungan sekolah.

8. Sesekali praktik di lapangan

Untuk meningkatkan daya serap murid pada materi pembelajaran yang Anda sampaikan, tidak cukup dengan hanya mengandalkan teori saja. Sesekali ajak murid-murid untuk belajar praktik di lapangan. Karena dengan belajar praktik, materi yang diserpnya bisa lebih mudah untuk dipahami.

9. Bersikap sabar

Tidak semua murid memiliki kemampuan yang sama dalam memahami materi yang Anda sampaikan. Jika Anda menemukan beberapa murid yang sulit memahami ilmu teori maupun praktik, cobalah untuk bersikap sabar dalam membimbingnya. Ajari murid-murid tersebut secara pribadi dengan cara dan langkah-langkah yang sesuai dengan kapasitasnya.

10. Terapkan closing belajar yang benar

Diakhir proses belajar mengajar, Anda harus bisa menerapkan teknik closing belajar yang benar agar murid tidak lupa pada materi yang telah disampaikan. Minimal Anda berikan tugas belajar di rumah (PR).

Itulah, 10 cara mengajar yang baik dan benar yang harus diketahui dan dilakukan oleh semua guru-guru di sekolah termasuk Anda.