6 Rahasia Guru Mengajar Menghindari Bosan pada Anak
Cari Berita

Atas


6 Rahasia Guru Mengajar Menghindari Bosan pada Anak

Senin, 29 Juli 2019

Metode belajar yang bagus untuk menghindari kejenuhan siswa adalah menggabungkan antara belajar dengan bermain.

Rasa bosan dan jenuh yang dialami siswa, tidak boleh dibiarkan. Hendaknya para guru, menghindari bosan pada anak dengan mengubah pola ajar yang lebih menarik minat siswa.

Masalahnya adalah tidak semua guru paham tentang mengajar yang disukai siswa. sehingga masalah tidak juga terselesaikan. Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan rahasia guru mengajar menghindari bosan pada anak yang bisa dicoba, yaitu:

1. Menerapkan Pembelajaran Variatif

Pembelajaran yang statis dan monoton penyebab siswa bosan belajar. Karena model ajar semacam ini, tidak membuat gairah dan semangat siswa meningkat. Atas dasar itulah, seorang guru berkualitas adalah unsur pendidikan yang memiliki banyak varian metode mengajar.

Contoh studi kasusnya adalah jika hari ini, guru mengajar dengan pola mind map, maka di pertemuan berikutnya, gunakan cara intervensi otak kanan. Artinya, setiap pertemuan ada teknik mengajar yang berbeda-beda.

2. Libatkan Siswa Dalam Belajar

Model ajar yang tidak tepat, juga penyebab siswa jenuh dalam belajar. Karena di sisi ini, siswa tidak merasa dilibatkan dalam konsep pembelajaran.

Tidak bisa dipungkiri, peran guru masih menjadi basis ajar. Padahal seharusnya, guru hanya fasilitator dan kontrol saja. Sedangkan yang harus terlibat secara penuh adalah siswanya. Karena dengan keterlibatan ini, siswa menjadi lebih aktif di kelas. Rasa jenuh dan bosannya akhirnya hilang.

3. Gunakan Model Ajar Kontekstual Learning

Kiat menghindari bosan pada anak yang ke tiga adalah guru mengajar menggunakan model Contekstual learning. Sebuah model pembelajaran yang sangat diminati oleh siswa. Contekstual learning adalah model belajar yang penguatannya lebih kental pada konsep rill nyata. Sedangkan teori dan materi hanya beberapa persen saja.

Konsep pembelajaran semacam ini sangat menyenangkan. Karena siswa bisa diajak keluar kelas untuk melakukan observasi lingkungan yang sesuai dengan materi ajarnya. Mereka bisa diajak ke taman untuk melihat tumbuhan. Bisa juga melakukan penelitian ruang di kelas yang lainnya.

4. Pastikan Belajar Sambil Bermain

Metode belajar yang bagus untuk menghindari kejenuhan siswa adalah menggabungkan antara belajar dengan bermain. Dengan belajar model begini, siswa bisa mengikuti arahan dengan senang hati.

Siswa dan bermain, adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Maka dari itu, di sekolah pun, identitas ini tidak boleh dihilangkan. Seorang guru harus bisa memaksimalkan keduanya dengan baik. Bisa dengan cara belajar sambil bermain, atau menyelipkan materi ajar di setiap permainan.

5. Jadilah Guru Menyenangkan

Pemegang peran inti dalam proses belajar adalah guru. Karena dialah sosok penguasa kelas, pengawas siswa, serta pemberi nilai hasil belajar. Maka dari itu, ketertiban, situasi kondusif, keberhasilan proses belajar, ditentukan oleh kemampuannya menyelesaikan hal tersebut dengan baik.

Jika di kelas siswa bosan dan jenuh, bisa jadi, cara penguasaan kelas seorang guru tidak maksimal. Bisa pula karena sistem penguasaan kelasnya tidak menyenangkan siswa. Maka dari itu, jadilah guru yang menyenangkan. Sehingga siswa bisa ikut pembelajaran dengan nyaman dan santai.

6. Ajar Siswa Dengan Media Belajar

Tips menghindari bosan pada anak atau siswa yang terakhir adalah mengajar menggunakan media. Pastikan, media yang digunakan juga bervariasi dan berubah-ubah. Mengajar dengan media, tidak hanya membuat siswa merasa nyaman belajar. Pemahaman mereka pada materi juga semakin kuat.

Itulah kiat terbaik menghindari bosan pada anak di sekolah. Jika dilakukan maksimal, proses pembelajaran justru membuat semangat siswa meningkat. Hasil belajarnya juga semakin bagus.