Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal Ulangan (Penilaian) Kelas 4 Semester 1 K-13

Kumpulan Soal Ulangan (Penilaian) Kelas 4 Semester 1 K-13
Download soal penilaian akhir semester ganjil kelas 4 SD/MI tema 1-5 dan Matematika sesuai Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

Proses evaluasi berupa Ulangan Harian (UH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ujian Tengah Semester (UTS), serta Penilaian akhir semester (PAS) atau juga dikenal dengan Ulangan akhir semester (UAS) ganjil pada kelas 4 jenjang Sekolah Dasar (SD) dilakukan dengan pendekatan tematik, sesuai dengan metode yang diterapkan oleh Kurikulum 2013 (K-13).

Dalam Kurikulum 2013 SD/MI kelas 4 disediakan beberapa tema, setiap tema memiliki 3 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. PAS dilaksanakan pada bulan Desember sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Tema yang digunakan untuk penilaian akhir semester 1 Kelas 4 Kurikulum 2013 revisi terbaru sebagai berikut:

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN
1. Subtema Keragaman budayaku
2. Subtema Kebersamaan dalam keberagaman
3. Subtema Besyukur atas keberagaman
4. Subtema Proyek Kelas

TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI
1. Subtema Macam-macam sumber energy
2. Subtema Pemanfaat energi
3. Subtema Gaya dan gerak
4. Subtema Proyek Kelas

TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
1. Subtema Hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku
2. Subtema Keberagaman makhluk hidup dilingkunganku
3. Subtema Ayo cintai lingkungan
4. Subtema Proyek Kelas

TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN
1. Subtema Jenis-jenis pekerjaan
2. Subtema Barang dan jasa
3. Subtema Pekerjaan orang tua
4. Subtema Proyek kelas

TEMA 5 PAHLAWANKU
1. Subtema Perjuangan para pahlawan
2. Subtema Pahlawanku kebanggaanku
3. Subtema Sikap kepahlawanan
4. Subtema Proyek Kelas

Soal ulangan atau penilaian akhir semester 1 Kelas 4 SD/MI disusun berdasarkan kisi-kisi terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Soal UAS Kurikulum 2013 kelas 4 semester 1 terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Kurikulum 2013 (K-13) telah mengalami revisi, salah satunya, Mata pelajaran (mapel) Matematika dan PJOK di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 4 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika dan PJOK pada Kurikulum 2013 revisi terbaru menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 4 semester 1 perlu dilakukan guru untuk mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal.

DOWNLOAD SOAL ULANGAN SEMESTER 1 (PAS) KELAS 4 K-13


Untuk bahan persiapan menghadapi UAS atau PAS, khususnya kelas 4 yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan berikut ini. Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian akhir semester ganjil kelas 4 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload melalui link berikut:




Soal UAS semester ganjil atau PAS kelas 4 Kurikulum 2013 semester 1 (K-13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UTS atau PTS dan UAS atau PAS , khususnya kelas 4 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.

Lihat juga: Kumpulan Soal PAT atau UAS Semester 2 Kelas 4 K13

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka yaitu bilangan bulat skala 0-100, predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD.