Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal PAT atau UAS Semester 2 Kelas 4 K13

Kumpulan soal UAS semester 2 kelas 4 SD tema 6, 7, 8, 9, dan mata pelajaran Matematika dan PJOK sesuai Kurikulum 2013.
Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 (K13) atau Ujian Akhir Semester 2 bagi siswa kelas 4 SD dan sederajat akan digelar. Jika sesuai dengan kalender pendidikan, pelaksanaan UAS semester 2 atau PAT pada bulan Mei. Untuk itu, diharapkan para peserta didik dapat belajar dengan baik agar dapat menjawab semua dengan benar dan memperoleh hasil yang baik.

Jadwal pelaksanaan UAS semester 2 dibuat oleh Dinas Pendidikan. Pada Kurikulum 2013 setiap tema kelas 4 SD terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian atau Ulangan Harian (UH). Untuk tengah semester dilaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS). Ujian tulis untuk menilai kompetensi pengetahuan (KI-3) yang telah dipelajari.

Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Setiap tema pada Kurikulum 2013 kelas 4 terdiri dari beberapa Kompetensi Dasar (KD) muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Untuk mata pelajaran PJOK dan mata pelajaran Matematika sudah terpisah dari Tematik. KD K13 terdiri dari KI-1 (sikap spiritual), KD K-13 dari KI-2 (sikap sosial), KD K13 dari KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KD K13 dari KI-4 (Aspek Keterampilan).

Daftar Tema dan Subtema Kelas 4 Semester 2 K13

Tema 6 - Cita Citaku
Subtema 1 : Aku dan Cita-Citaku
Subtema 2 : Hebatnya Cita-Citaku
Subtema 3 : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Tema 7 - Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema 1 : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Subtema 2 : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
Subtema 3 : Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku

Tema 8 - Daerah Tempat Tinggalku
Subtema 1 : Lingkungan Tempat Tinggalku
Subtema 2 : Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
Subtema 3 : Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku

Tema 9 - Kayanya Negeriku
Subtema 1 : Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Subtema 2 : Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
Subtema 3 : Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Materi pokok Matematika Kelas 4 Semester 2 K13

  • Pembulatan Bilangan
  • Segi Banyak
  • Keliling dan Luas Daerah
  • Hubungan Antar Garis
  • Data dan Pengukuran
  • Pengukuran Sudut dengan Busur Derajat

Materi Pokok PJOK Kelas 4 Semester 2 K13

1. Aktivitas Senam Lantai
2. Aktivitas Gerak Berirama
3. Renang Gaya Bebas
4. Cidera dan Penanggulangannya
5. Perilaku Terpuji

Pemetaan KD kelas 4 semester 2 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal. Soal PAT atau UAS semester 2 kelas 4 disusun berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat.

DOWNLOAD SOAL PAT / UAS KELAS 4 SEMESTER 2

Untuk bahan persiapan menghadapi UAS atau PAT, khususnya kelas 4 yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan berikut ini. Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian akhir tahun kelas 4 SD sesuai Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload melalui link berikut:




Soal UAS semester genap atau PAT kelas 4 Kurikulum 2013 semester 2 (K-13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UTS atau PTS dan UAS atau PAT , khususnya kelas 4 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka yaitu bilangan bulat skala 0-100, predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD.