Baru Masuk Sekolah Dasar? Inilah 7 Cara Mendidik Anak Kelas 1
Cari Berita

Atas


Baru Masuk Sekolah Dasar? Inilah 7 Cara Mendidik Anak Kelas 1

Rabu, 30 Oktober 2019

Baru Masuk Sekolah Dasar? Inilah 7 Cara Mendidik Anak Kelas 1
Cara mendidik anak SD kelas 1 harus tepat sasaran dan sesuai dengan jenjang umur yang dimiliki. Simak tips mudahnya berikut!

Mendidik anak adalah perihal yang sangat krusial, apalagi untuk seorang ibu. Sebagai orang tua, mengetahui teori atau cara mendidik anak sesuai usianya adalah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Seperti halnya cara mendidik anak SD kelas 1 yang pastinya sudah bukan seorang balita lagi. Di Indonesia, rentang usia masuk SD adalah kisaran 6-7 tahun. Jadi, cara mendidiknya pun juga harus sesuai dengan jenjang usianya.

Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menanamkan nilai-nilai dasar pada anak yang tentu saja akan mempengaruhi cara anak berpikir, bersikap, bertindak, dan lain sebagainya. Mendidik anak SD di rumah merupakan salah satu cara efektif yang kiranya bisa untuk Anda praktikkan pada si buah hati. Simak 7 cara mendidik anak SD kelas 1 berikut yang sederhana dan praktis sehingga mudah untuk diterapkan.

Cara Mendidik Anak SD Kelas 1


1. Dukunglah Anak Secara Tulus

Usia anak SD kelas 1 biasanya merupakan usia peralihan dari balita menuju anak-anak. Mereka juga perlu beradaptasi dengan lingkungan barunya secara bertahap yang tentu saja tidak mudah. Maka dari itu, kehadiran orang tua sangat penting untuk memberikan dukungan yang tulus serta motivasi untuk anak agar bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

2. Buatlah Jadwal Belajar di Rumah yang Terstruktur

Selain belajar di sekolah, belajar di rumah bersama orang tua dengan jadwal yang teratur dan terstruktur akan lebih meningkatkan potensi anak itu sendiri. Jadwal yang terstruktur juga akan melatih kebiasaan anak untuk mengerjakan segala sesuatu dengan baik.

3. Tetapkan Durasi Waktu yang Sesuai

Biasanya, anak SD kelas 1 masih belum bisa fokus sepenuhnya menyimak dan memperhatikan pelajaran. Maka dari itu orang tua di rumah juga berperan untuk membantu proses belajarnya. Tetapkanlah durasi waktu belajar sekira 15 menit sehari, namun konsisten dikerjakan setiap harinya. Jika sudah terbiasa, maka tambahkan durasi belajar sesuai dengan kemampuan si anak.

4. Berikan Hiburan Saat Pembelajaran Sedang Berlangsung

Karena masih dalam fase adaptasi, anak belum bisa menikmati pembelajaran sepenuhnya. Sesekali berikanlah hiburan seperti mengajaknya main game atau waktu selingan untuk mengerjakan sesuatu yang lain.

5. Dampingi Proses Belajar Si Anak

Saat anak mulai masuk ke kelas 1 SD, maka lingkungannya juga akan kian bervariasi dan teman-temannya akan beragam. Saat lingkaran sosial si anak kian bertambah, maka ilmu baru yang ia dapatkan baik dari gurunya maupun teman-temannya juga akan semakin banyak. Maka dari itu, pendampingan orang tua sangat dibutuhkan guna membantu proses penyesuaian diri si anak terhadap lingkungannya.

6. Buat Jadwal Rutin untuk Belajar

Untuk membuat anak bisa lebih rutin untuk belajar, buatlah jadwal tersendiri yang bisa digunakan setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk membangun kebiasaan si anak agar senantiasa belajar dengan giat dan bersemangat.

7. Aturlah Waktu Istirahatnya Agar Tidak Bosan

Istirahat yang cukup juga sangat dibutuhkan anak di samping waktu belajarnya. Tidak perlu terlalu keras dalam mengajarkan sesuatu kepada anak. Tapi, berikanlah mereka ruang untuk bisa mengistirahatkan fisik dan pikiran agar nantinya bisa kembali fokus dan semangat lagi untuk belajar.

Cara mendidik anak SD kelas 1 bisa jadi menentukan bagaimana anak akan bersikap di masa depan. Karena biasanya, usia anak SD kelas 1 yang ada di kisaran 6-7 tahun adalah usia emas bagi seorang anak untuk tumbuh dan berkembang. Jadi, ajarkanlah sesuatu yang bermanfaat untuk anak supaya di kemudian hari apa yang diajarkan tersebut bisa senantiasa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.