Soal Seleksi OSN Matematika SD Tingkat Kecamatan
Cari Berita

Atas


Soal Seleksi OSN Matematika SD Tingkat Kecamatan

Sabtu, 19 Oktober 2019

Download naskah soal seleksi olimpiade OSN Matematika SD tingkat Kecamatan.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan wadah bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk menunjukkan bakat dan prestasi yang dimiliki di bidang sains. OSN SD/MI dan atau yang sederajat terdiri dari bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Proses seleksi dilakukan secara bertahap mulai dari seleksi tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan nantinya peserta didik terpilih dapat melaju menjadi peserta OSN tingkat Nasional.

Seleksi tingkat Kecamatan dilaksanakan oleh koordinator wilayah kecamatan /UPTD/satuan pelayanan yang menangani bidang pendidikan pada tingkat kecamatan. Peserta seleksi tingkat kecamatan adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat baik negeri maupun swasta yang masih duduk di kelas IV atau V dengan usia maksimal 13.

Soal seleksi OSN Matematika SD dengan materi Matematika kelas IV, V dan VI dan soal-soal pengembangan lainnya. Soal OSN SD memuat soal Matematika berbahasa Inggris (maksimal 2 soal) berupa soal isian singkat dan uraian. OSN SD bidang Matematika bertujuan meningkatkan kemampuan bernalar, berpikir kritis, analitik, dan kreativitas peserta didik secara sportif.


  • Bilangan
  • Aritmatika
  • Geometri
  • Statistika, Data, dan Pengukuran
  • Kombinatorik


Contoh Soal Seleksi OSN IPA SD Tingkat Kecamatan


2. Hasil dari 101 + 102 + 103 + ... + 200 adalah ....

3. Sebuah termometer menunjukkan suhu 122 derajat F. Suhu termometer tersebut sama dengan ... derajat C.

9. Ibu membeli 20 kg beras. Beras itu akan dijual eceran dengan dibungkus plastik masing-masing beratnya 1/8 kg. Banyak kantong plastik berisi beras yang dihasilkan adalah ....

12. The averege (mean) of list of 10 number is 0. If 72 and -12 are added to the list, the new average will be ....

17. 20. Untuk mengurangi abrasi pantai suatu pulau, sekelompok remaja menanam pohon mangrove dalam satu baris di sepanjang pantai sejauh 1 ¼ kilometer. Jarak antar dua mangrove dibuat sama. Jika jarak antara mangrove urutan ke-7 dan ke-23 adalah 32 meter, berapakah banyaknya pohon mangrove yang ditanam?

19. Ira and Mae made a cake and cut it into 6 enqual pieces. They gave 2 pieces to Susan. What fraction on the cake is left?

20. A : 5 + 8 x 3 - 75 : 25 = 61 Tentukan nilai A!

Download Soal Seleksi OSN Matematika SD Tingkat Kecamatan


Untuk bisa mengikuti Lomba Olimpiade Sains khususnya mata pelajaran Matematika, diperlukan persiapan yang matang. Belajar soal-soal OSN Matematika SD/MI, dengan cara beli buku ataupun download kumpulan soal OSN Matematika SD yang disertai juga dengan pembahasan dan kunci jawabannya.

Dengan banyak belajar dan berlatih mengerjakan soal, anak akan terbiasa dan tidak grogi saat perlombaan olimpiade MIPA. Selengkpanya naskah soal seleksi olimpiade OSN Matematika SD tingkat Kecamatan yang belum disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya berformat .pdf bisa didownload melalui link berikut ini:


Kegiatan OSN jenjang SD ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Pelaksanaan OSN tingkat Sekolah Dasar diharapkan dapat memberi manfaat untuk peningkatan mutu pendidikan, serta menghasilkan siswa yang mencintai ilmu pengetahuan sekaligus berprestasi pada perlombaan tingkat internasional, sebagai bagian dari upayamenciptakan generasi emas Indonesia.