Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ulangan PJOK Kelas 1 Semester 1 K-13

Soal Ulangan PJOK Kelas 1 Semester 1 K-13
Download naskah soal ulangan atau penilaian muatan pelajaran PJOK untuk kelas 1 semester 1 SD/MI berformat .pdf sesuai Kurikulum 2013.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013 (K-13). PJOK tidak hanya muatan kompetensi ketrampilan (KI 4), namun juga kompetensi pengetahuan (KI 3). Ruang lingkup materi mata pelajaran PJOK untuk SD/MI adalah sebagai berikut:

  • Gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
  • Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil
  • Aktivitas atletik Aktivitas beladiri
  • Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani
  • Aktivitas senam
  • Aktivitas gerak berirama
  • Aktivitas air dan keselamatan diri
  • Kesehatan

Manfaat adanya pemetaan Komptensi Dasar (KD) mapel PJOK ini kegiatan belajar mengajar bisa terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu, dapat mempermudah anda dalam menyusun kisi-kisi soal, melakukan penilaian.

BUNYI KOMPETENSI DASAR (KD) PJOK KELAS 1 SEMESTER 1 K-13

3.1 Memahami prosedur lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,ruang,usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.2 Memahami prosedur gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,ruang,usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.3 Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh,ruang,usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.4 Memahami prosedur menjaga sikap tubuh (duduk,membaca ,berdiri,jalan)dan bergerak secara lentur serta keseimbangan dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional

3.8 Memahami bagian -bagian tubuh bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh di sentuh orang lain,cara menjaga kebersihannya dan kebersihan pakaiannya

Contoh Soal Penilaian PJOK Kelas 1 Semester 1

Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

2. Permainan lompat tali berguna untuk melatih kekuatan otot ....
A. lengan
B. tangan
C. kaki

6. Sebutkan 2 permainan yang berguna untuk melatih keseimbangan!

10. Permainan simpai berguna untuk melatih ....
A. kecepatan
B. keseimbangan
C. kelenturan

13. Sebutkan 3 permainan tradisional beregu!

18. Bagian tubuh yang digunakan untuk menendang adalah ....

23. Mata kita berguna untuk ....

25. Sebutkan 3 bagian tubuh yang kamu ketahui!

Download Soal Ulangan PJOK Kelas 1 Semester 1


Selengkapnya naskah soal ulangan atau penilaian muatan pelajaran PJOK untuk kelas 1 semester 1 SD/MI berformat .pdf sesuai Kurikulum 2013 yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Soal UAS semester ganjil mata pelajaran PJOK kelas 4 Kurikulum 2013 (K-13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UTS atau PTS dan UAS atau PAS , khususnya kelas 1 SD/MI dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.

Guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, salah satunya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Setiap tema terdiri dari 4 subtema. Mata pelajaran PJOK dilaksanakan 4 jam pertemuan per Minggu. RPP sebagai pedoman untuk mendukung pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar.