Mengenal Lebih Lanjut Perbedaan Model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran
Cari Berita

Atas


Mengenal Lebih Lanjut Perbedaan Model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran

Kamis, 14 November 2019

Mengenal Lebih Lanjut Perbedaan Model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran
Ada banyak hal yang harus dipahami mengenai perbedaan model pembelajaran dan metode pembelajaran.

Selama ini berbagai model dan metode pembelajaran banyak diterapkan di dunia pendidikan. Meskipun begitu rupanya masih ada banyak yang kesulitan memahami perbedaan model pembelajaran dan metode pembelajaran.

Untuk mengatasi hal tersebut kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai perbedaan kedua hal tersebut. Penasaran apa saja perbedaannya dan bagaimana keduanya diterapkan di dunia pendidikan?Sebaiknya simak lebih lanjut yang ada di ulasan berikut ini.

Memahami Model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran


Sebelum lebih lanjut memahami perbedaan dari keduanya sebaiknya kita menyimak lebih dahulu mengenai definisi singkat dari model pembelajaran serta metode pembelajaran. Inilah beberapa definisi singkatnya.

1. Apa Itu Model Pembelajaran?

Secara umum model didefinisikan sebagai suatu bentuk pola maupun rencana pembelajaran yang digunakan guru atau pendidik dalam proses pembelajaran. Model tersebut nanti yang memuat terkait dengan deskripsi dari kegiatan pembelajaran secara penuh mulai awal sampai nanti ketika proses pembelajaran berakhir.

Di dalam model pembelajaran ini juga dimasukkan berbagai metode yang akan digunakan di dalam proses pembelajaran. Bahkan secara lebih detail banyak juga yang mencantumkan media-media yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut nantinya.

2. Apa itu Metode Pembelajaran?

Tadi sudah sedikit dibahas mengenai model pembelajaran. Lalu sekarang bagaimana terkait dengan metode pembelajaran? Harus dipahami jika metode pembelajaran berarti adalalah suatu alat maupun proses yang digunakan untuk meraih tujuan dari pembelajaran yang dilakukan.

Secara umum dapat dipahami jika metode ini adalah sebuah cara. Jadi biasanya bersifat teknis serta dapat diimplementasikan secara langsung pada ruang belajar. Selain itu ada banyak metode pembelajaran yang dapat dipilih oleh para pendidik. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan murid serta kondisi lingkungan tempat pembelajaran berlangsung.

Perbedaan Model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran


Setelah memahami sedikit mengenai definisi keduanya sekarang saatnya menyimak perbedaan model pembelajaran dan metode pembelajaran. Inilah beberapa perbedaan yang harus dipahami dari keduanya.

1. Fungsi

Meskipun hampir sama sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Metode pembelajaran fungsinya untuk mencapai berbagai tujuan yang ingin diraih dalam proses pembelajaran. Sedangkan model pembelajaran digunakan untuk menjadi pedoman dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Dapat dikatakan jika model pembelajaran adalah gambaran umum yang harus dibuat untuk memastikan kemana arah tujuan pembelajar tersebut. Lalu untuk mencapainya arah tujuan tersebut digunakanlah metode pembelajaran yang sesuai.

2. Cakupan

Harus dipahami jika keduanya memiliki cakupan yang berbeda. Pada model cakupannya lebih luas. Pasalnya ia tidak hanya memuat bagian pembelajaran tertentu saja, tetapi memuat bagian pembelajaran dari awal hingga akhir masa pembelajaran.

Berbeda halnya dengan metode. Cakupan dari metode lebih sempit. Apalagi mengingat ia merupakan penjabaran dari pendekatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Jadi metode pembelajaran pun menjadi lebih spesifik jika dibandingkan model yang memuat banyak bahasan.

3. Sifat

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini yang membuat sifatnya menjadi lebih teknis. Metode-metode pembelajaran juga dapat langsung diimplementasikan pada lingkungan belajar yang ada. Berbagai jenis metode pembelajaran hadir seperti halnya, metode diskusi, eksperimen, tanya jawab dan lain-lain.

Dibanding dengan metode yang lebih teknis dan dapat diimplementasikan, model pembelajaran lebih condong pada rencana atau deskripsi. Hal ini yang kemudian membuat metode pembelajaran harus dibuat secara rasional teoritik. Tak heran jika metode pembelajaran umumnya disusun oleh para ahli-ahli yang ada di seluruh dunia.

Ada banyak hal yang harus dipahami mengenai perbedaan model pembelajaran dan metode pembelajaran. Beberapa hal di atas adalah sedikit di antaranya. Ini dapat dijadikan pedoman para pendidik yang ingin menerapkan metode dan model pembelajaran di tempatnya mengajar.