Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ulangan K-13 Matematika Kelas 6 Materi Pokok Bilangan Bulat

Soal Ulangan K-13 Matematika Kelas 6 Materi Pokok Bilangan Bulat
Download soal penilaian tengah semester 1 pelajaran Matematika kelas 6 SD/MI materi pokok bilangan bulat untuk KD 3.1 KD 3.2 dan KD 3.3

Penilaian harian, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS) untuk mata pelajaran Matematika terpisah dengan Tematik. Pada Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru untuk kelas 6 SD/MI, Matematika menjadi mata pelajaran sendiri. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi ulangan atau ujian, khususnya kelas 6 SD/MI dapat mengerjakan soal-soal latihan.

Lihat juga: Soal Ulangan Matematika Kelas 6 Semester 1 K-13

PAS atau ulangan akhir semester 1 (UAS) dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan. PAS semester ganjil dilaksanakan sekitar bulan Desember. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 6 SD/MI K-13 dibuat oleh Dinas Pendidikan. Sedangkan Jadwal PTS atau dulu dikenal dengan Ulangan Tengah Semester (UTS) dilaksanakan sekitar akhir bulan September sampai awal bulan Oktober.

Salah satu kelengkapan perangkat pembelajaran guru kelas 6 adalah Program Semester (Promes) dan Program Tahunan (Prota). Kompetensi Dasar (KD) merupakan salah satu unsur dalam Kurikulum 2013, KD mengandung muatan pengetahuan, keterampilan ataupun sikap yang harus dicapai siswa. Berikut bunyi KD Matematika kelas 6 SD/MI tengah semester 1 dengan materi pokok Bilangan Bulat:

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan).

3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif.

3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

Soal Penilaian Tengah Semester 1 Matematika Kelas 6


Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Bilangan bulat yang terletak 7 satuan ke kanan dari titik -3 adalah ....
A. -10
B. 10
C. -4
D. 4

4. (-8) + 4 = ....
A. 4
B. -4
C. 12
D. -12

9. Hasil dari 23 - (-15) adalah ....
14. Hasil dari 50 - (-25) x 5 - 145 = ....

17. Gambarkan garis bilangan yang menunjukkan operasi hitung -8+5=-3

38. Santi membeli 5 lusin buku tulis. 1/4 bagian buku tulis tersebut diberikan kepada temannya. Berapa jumlah buku tulis yang diberikan kepada temannya?

Download Soal Matematika Kelas 6 K-13 Materi Pokok Bilangan Bulat


Selengkapnya soal penilaian tengah semester 1 pelajaran Matematika kelas 6 SD/MI materi pokok bilangan bulat untuk KD 3.1 KD 3.2 dan KD 3.3 yang belum disertai kunci jawabannya yang berformat .PDF dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi ujian atau ulangan harian, ulangan tengah semester 1, khususnya MATEMATIKA kelas 6 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya. Selain kompetensi pengetahuan (KI 3), siswa juga harus menguasai kompetensi ketrampilan (KI 4).