Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ulangan K13 Kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku

Download naskah soal penilaian akhir semester 1 kelas 3 SD/MI Tema 4 Kewajiban dan Hakku berformat .pdf

Penilaian akhir semester (PAS) pada Kurikulum 2013 (K-13) atau juga dikenal dengan Ulangan akhir semester (UAS) ganjil kelas 3 jenjang Sekolah Dasar (SD) dan sederajat akan dilaksanakan pada awal bulan Desember. Ini sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 3 SD/MI dibuat oleh Dinas Pendidikan.

Pembelajaran di kelas 3 SD/MI menggunakan metode tematik terpadu. Proses evaluasi berupa Ulangan Harian (UH) atau Penilaian Harian (PH) dan Ulangan Tengah Semester (UTS) atau Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) juga dilakukan dengan metode tematik terpadu. Pembelajaran tematik terdiri muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP.

Ada 4 tema pembelajaran untuk kelas 3 SD/MI pada semester 1, yaitu tema 1 sampai tema 4. Setiap tema terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran. Setiap tema dibagi menjadi 4 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Evaluasi dengan soal ulangan atau penilaian harian dilaksanakan setiap selesai subtema.

Materi Kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku

Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah
Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah
Subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

CONTOH SOAL ULANGAN KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1, 2, 3, DAN 4


Ayo kerjakan soal-soal ini dengan jawaban yang benar!

PPKN KD 3.2

1. Rania pada hari senin memakai seragam merah putih. Sewaktu di sekolah baju Rania terkena kuah makanan yang ia makan. Kewajiban Rania adalah ....
A. membiarkannya
B. menyetrikanya
C. mencucinya
D. membuangnya

7. Sebutkan 3 contoh kewajiban warga negara sebagai umat beragama!

BAHASA INDONESIA KD 3.10

14. Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah Dayu dipenuhi pohon rindang. Udara terasa sejuk dan segar. Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas.

Tuliskan kalimat permasalahan pada bacaan di atas!

MATEMATIKA KD 3.3

21. Hasil dari 56 : 7 adalah ....

23. Ayah memasukan 180 ekor ayam ke kandang. Setiap kandang berisi 12 ekor ayam. Berapa banyak kandang yang dimiliki ayah?

SBDP KD 3.3

25. Dalam tari menghentakkan kaki termasuk gerakan yang menggunakan tenaga ....
A. lemah
B. tenang
C. kuat
D. gemulai

30. Sebutkan 3 contoh gerakan dalam menari!

DOWNLOAD SOAL ULANGAN KELAS 3 TEMA 4


Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 3 untuk jenjang SD/MI sesuai Kurikulum 2013 harus dilakukan oleh guru kelas karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal evaluasi.

Soal ulangan kelas 3 Kurikulum 2013 terdiri dari soal pilihan ganda, soal dengan dengan jawaban singkat dan soal uraian. Naskah soal penilaian akhir semester 1 kelas 3 SD/MI Tema 4 Kewajiban dan Hakku berformat .pdf sesuai Kurikulum 2013 revisi terbaru yang belum disertai dengan kunci jawabannya bisa didownload melalui tautan berikut:


Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi ujian atau ulangan harian dan ulangan tengah semester dan penilaian akhir semester ganjil, khususnya kelas 3 SD/MI dapat mengerjakan soal-soal latihan Kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku di atas. Selain kompetensi pengetahuan (KI 3), siswa juga harus menguasai kompetensi ketrampilan (KI 4).

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per muatan pelajaran.