Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Penilaian Akhir Tahun Kelas 3 Tahun Pelajaran 2019/2020

Soal Penilaian Akhir Tahun Kelas 3 Tahun Pelajaran 2019/2020
Download naskah soal ulangan atau penilaian akhir tahun (PAT) kelas 3 SD/MI tahun pelajaran 2019/2020 tema 5 sampai tema 8 serta PJOK dan Bahasa Daerah berformat .pdf

Ulangan akhir semester 2 (UAS) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan di bulan Mei sesuai dengan Kalender Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Proses evaluasi berupa Ulangan Harian (UH) atau Penilaian Harian (PH) dan Ulangan Tengah Semester (UTS) atau Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) juga dilakukan dengan metode tematik terpadu.

Ada 4 tema pembelajaran untuk kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 pada semester 2, yaitu tema 5 sampai 8. Setiap tema terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran. Setiap tema dibagi menjadi 4 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Evaluasi dengan ulangan atau penilaian harian dilaksanakan setiap selesai subtema.

Untuk mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal dilakukan pemetaan Kompetensi Dasar (KD). Berdasarkan Kurikulum 2013 kelas 3 revisi terbaru pembelajaran tematik terdiri muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP.

Materi tematik kelas 3 semester 2 tahun pelajaran 2019/2020


Tema 5 Cuaca
Subtema 1 Keadaan Cuaca
Subtema 2 Perubahan Cuaca
Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap
Kehidupan Manusia
Subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim

Tema 6 Energi dan Perubahannya
Subtema 1 Sumber Energi
Subtema 2 Perubahan Energi
Subtema 3 Energi Alternatif
Subtema 4 Penghematan Energi

Tema 7 Perkembangan Teknologi
Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Subtema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Tema 8 Praja Muda Karana
Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
Subtema 2 Aku Anak Mandiri
Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Subtema 4 Aku Suka Berkarya

Download Soal Penilaian Akhir Tahun Kelas 3 Tahun Pelajaran 2019/2020


Soal ulangan kelas 3 Kurikulum 2013 terdiri dari soal pilihan ganda, soal dengan dengan jawaban singkat dan soal uraian. Selengkapnya naskah soal ulangan atau penilaian akhir tahun (PAT) kelas 3 SD/MI tahun pelajaran 2019/2020 tema 5 sampai tema 8 serta PJOK dan Bahasa Daerah berformat .pdf yang belum disertai dengan kunci jawabannya bisa didownload melalui tautan berikut:

Dowload Soal Ulangan Kelas 3 Tema 5 Cuaca

Dowload Soal Ulangan Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya

Dowload Soal Ulangan Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi

Dowload Soal Ulangan Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana

Dowload Soal Ulangan Kelas 3 PJOK Semester 2

Dowload Soal Ulangan Kelas 3 Bahasa Jawa Semester 2

Kompetensi Dasar (KD) kelas 3 Kurikulum 2013 terdiri dari K1-1 (sikap spiritual), KD K13 dari KI-2 (sikap sosial), KD K13 dari KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KD K13 dari KI-4 (Aspek Keterampilan). Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi ujian atau ulangan harian dan ulangan akhir semester genap, khususnya kelas 3 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.