Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

RPP K-13 Satu Lembar Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan

RPP K-13 Satu Lembar Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan
Download RPP satu lembar untuk kelas 5 SD tema 7 subtema 1 Peristiwa dalam Kehidupan sesuai dengan Kurikulum 2013 berformat .doc (MS Word).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang selama ini menjadi tugas guru kini cukup satu lembar. Kini, komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.

RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Selama ini berkas RPP sangat menyita waktu guru-guru karena bisa sampai 20 halaman. Dari RPP 1 lembar itu, guru bisa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas, selain dapat memperbaiki kinerjanya di kemudian hari.

Untuk setiap tema kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH). Tema 7 pada kelas 5 SD adalah Peristiwa dalam Kehidupan dengan subtema sesuai Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru yaitu:

Subtema 1 : Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
Subtema 2 : Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan
Subtema 3 : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Penerapan Kurikulum 2013 menyebabkan perubahan kompetensi dasar dan metode pembelajaran di jenjang SD kelas 5 yang menggunakan metode tematik integratif. Setiap tema terdiri dari kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Komponen RPP K-13 Satu Lembar Kelas 5 Tema 7


1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar. Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian. Ada 4 jenis penilaian autentik yang harus dilaksanakan guru pada implementasi Kurikulum 2013, yaitu: Penilaian Kinerja, Penilaian Proyek, Penilaian Portofolio, dan Penilaian Tertulis


Download RPP K-13 Satu Lembar Kelas 5 Tema 7


Terkait penyederhanaan RPP, beberapa komponen dihilangkan. Guru akan dibebaskan memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP. RPP satu lembar untuk kelas 5 SD tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan sesuai dengan Kurikulum 2013 berformat .doc (MS Word)  yang dapat diedit dapat didownload melalui tautan berikut ini:




Selama ini beban administrasi yang ditimbulkan dari penyusunan RPP kerap dikeluhkan para guru. Esensi dari RPP adalah proses refleksi. Guru menulis RPP untuk melihat kembali apakah target pembelajaran sudah tercapai atau belum. Dari situlah pembelajaran terjadi bukan dengan menulis puluhan halaman sekadar buat administrasi.

Berlangganan via Email