Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Try Out Ujian Sekolah SD Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2020

Download naskah soal latihan try out ujian sekolah mapel Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VI tahun pelajaran 2019/2020.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang Sekolah Dasar (SD) mulai tahun 2020 ini telah dihapus. Sebagai gantinya, pemerintah melaksanakan ujian sekolah (US) atau biasa disebut assesement. Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa kelas 6 SD tahun ini sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah. Bahkan, seluruh sekolah harus membuat soal ujian masing-masing.

Dinas Pendidikan (Disdik) telah mengeluarkan kisi-kisi untuk pembuatan soal ujian sekolah bagi SD pada 2020 ini. Jadi, dari kisi-kisi ujian sekolah SD tahun 2020 ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk belajar siswa kelas VI SD. Jadwal ujian sekolah akan dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2020. Salah satu mata pelajaran (mapel) yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia.

Materi Pokok Ujian Sekolah Mapel Bahasa Indonesia

1. Membaca nonsastra
2. Membaca sastra
3. Menulis terbatas
4. Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan dan tanda baca.

Soal Try Out Ujian Sekolah Mapel Bahasa Indonesia


1. Pengungsi korban gempa bumi Palu membludak di penampungan. Diperkirakan pengungsi masih akan bertambah, mengingat beberapa titik gempa belum terevakuasi. Evakuasi dilakukan secara bertahap.

Makna kata evakuasi pada paragraf di atas adalah ....
A. pencarian penduduk terdampak gempa bumi
B. pemindahan penduduk dari daerah yang berbahaya
C. pertolongan pada penduduk daerah gempa
D. perawatan terhadap penduduk akibat gempa

3. Bacalah teks berikut!

SD Mulia akan mengadakan lomba menulis puisi. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei mendatang. Adapun peserta lomba adalah siswa kelas 4, 5, dan 6. Karya puisi yang terpilih akan dimuat di majalah dinding secara berkala. Selain itu, panitia juga menyiapkan hadiah yang menarik untuk peserta lomba. Tak hanya siswa yang mendapat juara lomba, seluruh partisipan lomba akan mendapatkan tropi dari sekolah. Lomba menulis puisi yang diselenggarakan ini juga bermanfaat untuk menggerakkan kegiatan literasi di sekolah. Kumpulan puisi yang tercipta akan dibukukan menjadi buku antologi puisi. Buku kumpulan karya siswa ini bisa dijadikan sebagai buku referensi literasi di sekolah.

Informasi tersurat yang terdapat dalam teks di atas adalah ....
A. lomba menulis buku puisi
B. lomba menulis buku referensi
C. lomba menulis puisi
D. lomba membaca puisi

15. Bacalah paragraf berikut!

Raja Kahuripan mempunyai dua orang putra, yaitu Raden Panji dan Raden Anom. Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji. Selain cerdas, Raden Anom juga dikenal ramah. Raden Panji merasa iri hati melihat kecerdasan Raden Anom. Oleh karena itu, ia ingin mencelakakan saudaranya. Dia menyuruh pembantunya untuk membubuhkan racun ke dalam makanan Raden Anom.

Dari paragraf di atas, watak Raden Anom adalah ....
A. pandai dan rajin
B. cerdas dan ramah
C. ramah dan baik
D. rajin dan cerdas

16. Setiap liburan sekolah, di rumah Pak Arman selalu tersedia beraneka macam kudapan siap santap.

Makna kata yang bergaris bawah pada kalimat tersebut adalah ....
A. makanan kecil
B. minuman dingin
C. nasi tumpeng
D. sayur santan

30. Bacalah paragraf berikut!

Aryo pergi ke pasar menggunakan sepeda Onthelnya. Sesampainya di pasar dia membeli kebutuhan hidupnya. Aryo hidup berdua dengan ayahnya yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli, ia kembali mengayuh sepeda onthelnya untuk segera pulang kerumahnya, yang hanya berupa gubuk kecil dan berada dipinggir sungai.

Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf....
A. deskripsi
B. argumentasi
C. narasi
D. persuasi

31. Ayam bekisar merupakan hasil ... antara ayam kampung dan ayam hutan.

Kata bentukan yang benar untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. persilangan
B. bersilangan
C. tersilangkan
D. menyilangkan

44. Bacalah paragraf berikut!

Setiap hari, di Pasar Wage terjadi kemacetan. Hal ini disebabkan karena banyaknya pedagang kaki lima. Para pedagang-pedagang tersebut menggelar dagangannya di tepi pinggir jalan. Oleh karena itu, pemerintah menyampaikan himbauan agar supaya ditertibkan.

Perbaikilah tata kalimat yang salah pada paragraf di atas!

Download Soal Try Out Ujian Sekolah Mapel Bahasa Indonesia


Jumlah butir soal ujian sekolah Bahasa Indonesia di atas sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Selengkapnya soal latihan try out ujian sekolah mapel Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VI tahun pelajaran 2019/2020 yang belum disertai dengan kunci jawaban bisa didownload melalui link berikut ini:


Soal ujian sekolah mapel Bahasa Indonesia memuat tiga level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Untuk bahan belajar menghadapi ujian sekolah, bisa menggunakan soal try out atau soal prediksi ujian sekolah SD tahun 2020 yang didapat dari internet atau buku. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email