Contoh Rancangan Aktualisasi CPNS untuk Guru SD
Cari Berita

Atas


Contoh Rancangan Aktualisasi CPNS untuk Guru SD

Senin, 16 Maret 2020

Contoh Rancangan Aktualisasi CPNS untuk Guru SD
Contoh rancangan aktualisasi CPNS untuk guru SD dapat membantu Anda diangkat menjadi PNS. Ini panduan lengkapnya.

Jika Anda sudah lolos tes CPNS, bukan berarti Anda bisa langsung diangkat menjadi PNS. Ada tahapan diklatsar prajabatan yang harus Anda lalui, termasuk membuat rancangan aktualisasi CPNS. Untuk Anda yang berprofesi sebagai guru SD, berikut contoh rancangan aktualisasi CPNS untuk guru SD yang dapat mempermudah Anda.

Rancangan Aktualisasi CPNS


Rancangan aktualisasi CPNS adalah sebuah kegiatan diklatsar yang wajib diikuti oleh peserta CPNS untuk kemudian diangkat menjadi PNS. Pada kegiatan ini, Anda dituntut untuk menerapkan nilai-nilai dasar ASN sebagai pelayan masyarakat.

Peserta diwajibkan untuk membuat laporan rancangan aktualisasi CPNS dengan menerapkan nilai-nilai dasar ASN. Adapun nilai-nilai dasar ASN yang kemudian disingkat dengan ANEKA, adalah Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen mutu, dan Anti korupsi

Kegiatan ini dilakukan selama 21 hari untuk mengikuti kegiatan on campus. Kegiatan ini berlanjut dengan paparan seminar rancangan aktualisasi di hadapan penguji. Anda juga akan didampingi oleh pelatih dan mentor yang telah membantu Anda dalam membuat laporan rancangan aktualisasi CPNS.

Setelah kegiatan ini selesai, Anda harus melakukan kegiatan off campus di tempat kerja Anda sendiri. Kegiatan ini berlangsung selama 30 hari di tempat kerja masing-masing untuk mengaktualisasikan nilai-nilai ANEKA saat Anda bekerja.

Setelah 30 hari mengaktualisasikan nilai-nilai ANEKA, Anda harus membuat laporan rancangan aktualisasi CPNS. Laporan pelaksanaan ANEKA di tempat kerja Anda akan dievaluasi dalam seminar evaluasi rancangan aktualisasi CPNS.

Dalam kegiatan ini Anda tidak hanya dituntut untuk mengikuti secara penuh kegiatan hingga akhir. Anda diwajibkan untuk memahami peran dan kedudukan ASN di Indonesia melalui nilai-nilai ANEKA. Selain itu, Anda juga harus berkomitmen mengaktualisasikan nilai-nilai ANEKA dimanapun nantinya Anda ditempatkan.

Meskipun kegiatan awal lebih dominan dengan kegiatan seminar, dimana Anda hanya perlu mendengarkan. Ide dan gagasan Anda diperlukan untuk memberi kontribusi pada visi misi dan nilai-nilai tempat Anda bekerja.

Panduan Membuat Laporan Rancangan Aktualisasi CPNS


Bagi Anda yang sedang mengikuti kegiatan aktualisasi CPNS, Anda harus menyiapkan laporan rancangan aktualisasi CPNS yang harus dipresentasikan di hadapan penguji. Agar laporan yang Anda buat dapat meloloskan Anda dalam kegiatan ini, Anda memerlukan contoh rancangan aktualisasi CPNS untuk guru SD. Sebelumnya, agar Anda lebih mengerti cara membuat laporan rancangan aktualisasi CPNS untuk guru SD, Anda perlu panduan berikut:

Tulis Identitas yang Jelas

Salah satu hal penting tapi banyak disepelekan. Anda harus menuliskan nama dan gelar dengan benar. Selain itu, tuliskan pula NIP, angkatan pelatihan dengan huruf romawi, nomor urut saat diklatsar, jabatan, golongan, dan tempat Anda ditugaskan. Selain nama Anda, tuliskan pula nama mentor dan coach lengkap beserta gelarnya.

Uraikan Berdasarkan Isu yang Diangkat

Pada bagian pendahuluan, Anda perlu menguraikan isu yang diambil berdasarkan kondisi tempat kerja Anda. Jangan terpancing dengan berbagai contoh yang ada dan buatlah sesuai dengan kondisi yang ada di tempat Anda bekerja.

Harap Dijelaskan Sesuai Tujuan Kegiatan Pelatihan

Di bagian landasan teori, Anda bisa mengambil sumber dari modul yang Anda miliki. Pada bagian ini harus memuat sikap perilaku bela negara, nilai dasar CPNS, serta kedudukan dan peran PNS dalam NKRI.

Berikan Informasi Tempat Kerja dengan Lengkap

Untuk mendukung pembuatan laporan, data tentang tempat Anda bekerja sangat diperlukan. Anda bisa mendeskripsikan profil tempat kerja dengan lengkap. Selain itu, lengkapi pula dengan tugas guru untuk memahamkan Anda tentang peran Anda saat berada di tempat kerja.

Cari Role Model yang Sesuai dengan Isu yang Diambil

Anda bisa mengambil role model dari tokoh nasional ataupun teman dari instansi lain yang sesuai dengan isu yang diambil. Sertakan pula biografi singkat dan sesuaikan dengan isu utama.

Buat Tabel untuk Kesesuaian Isu dan Realitas

Untuk mempermudah penguji membaca hasil aktualisasi di tempat kerja, buatlah tabel rancangan dan jadwal kegiatan pula. Jika ada masalah, berikan pula tabel antisipasi dan strategi menghadapinya.

Lengkapi dengan Daftar Pustaka

Sertakan referensi yang Anda masukkan dalam landasan teori. Gunakan format yang sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.

Dengan mengetahui contoh rancangan aktualisasi CPNS untuk guru SD akan membantu mempemudah Anda untuk lulus diklatsar. Dengan begitu, Anda akan diangkat menjadi guru PNS sesuai dengan harapan Anda selama ini. Semoga berhasil dalam menyelesaikan kegiatan rancangan aktualisasi CPNS.