Tantangan Bagi Guru SD dan Cara Menghadapinya
Cari Berita

Atas


Tantangan Bagi Guru SD dan Cara Menghadapinya

Jumat, 01 November 2019

Tantangan Bagi Guru SD dan Cara Menghadapinya
Menjadi guru SD bukan perkara yang mudah namun sangat rumit.

Salah satu profesi yang sangat mulia dan sering dicita-citakan sewaktu kecil adalah menjadi seorang guru. Seorang guru harus memiliki kemampuan khusus terutama guru SD. Banyak tantangan yang harus dilewati seorang guru SD ini. Jika Anda ingin menjadi guru SD, ketahui dahulu tantangan bagi guru SD dan cara mengatasinya.

Tantangan Bagi Guru SD


Beberapa tantangan yang harus dihadapi guru SD terkadang banyak menyurutkan semangat bagi seorang guru. Namun semua itu kembali kepada niat awal saat mengajar. Tantangan bagi guru SD yang sering dialami diantaranya:

1. Harus Menguasai Banyak Mata Pelajaran

Tantangan yang sangat jelas terlihat untuk guru SD adalah harus menguasai banyak mata pelajaran bahkan hampir semua. Terutama untuk kelas 1 sampai 3 biasanya hanya dipegang oleh satu guru saja dan sekaligus menjadi wali kelas. Hal ini secara tidak langsung seorang guru SD harus menguasai semua mata pelajaran.

2. Guru SD Wajib Memiliki Kemampuan Mendidik

Seorang guru SD tidak cukup hanya bisa mengajar mata pelajaran saja. Namun harus bisa juga mendidik seluruh siswa. Seorang siswa SD harus dibekali sikap perilaku untuk bisa bersopan santun, bertatakrama, mensyukuri nikmat dan akhlak terpuji lainnya. Hal ini sudah cukup banyak menyita waktu guru di luar kesibukkan dalam memberikan pengajaran mata pelajaran.

3. Beraneka Ragam Tingkat Kecerdasan atau IQ Siswa

Untuk masalah tingkat kecerdasan siswa mungkin bukan hanya dihadapi oleh guru SD saja tapi guru semua jenjang pendidikan mengalami hal yang serupa. Namun tingkat kesulitan terbesar tetap jatuh pada guru SD. Anak SD bukan hanya masalah IQ atau kecerdasannya saja tapi karakter, sifat kekanak-kanakan dan emosional yang berbeda menjadi masalah utama.

4. Rumit Ketika Mengajarkan Siswa Kelas 1

Bagaimana tantangan bagi guru SD dan cara menghadapinya untuk siswa kelas satu? Seperti sudah banyak diketahui bahwa siswa di tingkat pertama ini masih belum bisa membaca, menulis dan menghitung (calistung). Seorang guru SD ketika menemui siswa yang belum bisa calistung harus ekstra sabar dan telaten dalam memberikan materi.

Cara Menghadapi Tantangan Menjadi Guru SD


Tantangan yang dialami guru SD sebenarnya bisa dihadapi dengan melakukan beberapa hal. Diantara cara menghadapi seperti:

1. Penggantian Program Baru di Sekolah

Sistem yang terjadi saat ini adalah setiap guru harus mengajar semua mata pelajaran. Kejadian seperti ini biasanya terjadi di daerah-daerah yang masih minim jumlah guru. Untuk menghadapi hal tersebut harus ada program baru di sekolahan tempat mengajar dengan pembagian mata pelajaran. Supaya pembagiannya merata harus ada tambahan tenaga guru untuk setiap sekolah yang masih kekurangan.

2. Bersikap dan Memberikan Contoh yang Baik

Guru memang harus memiliki kemampuan mendidik. Untuk bisa mendidik anak SD tidak bisa cukup dengan ucapan saja. Seorang guru SD harus bisa mencontoh kepada siswanya secara langsung. Dengan begitu siswa akan mudah dalam meniru apa yang dilihatnya. Tapi Anda harus tetap memberikan nasihat secara lembut dan penuh perasaan.

3. Mengubah Teknik Mengajar

IQ yang dimiliki murid berbeda-beda. Supaya dalam proses pengajaran terjadi komunikasi yang baik dan tercipta suasana yang menyenangkan seorang guru harus kreatif. Langkahnya bisa dengan mengubah teknik mengajar menjadi lebih interaktif. Metode ini bisa mendekatkan antara siswa dengan guru maupun murid dengan murid.

4. Berinovasi dengan Menggunakan Trik Khusus dalam Mengajar

Untuk menghadapi anak yang masih belum bisa calistung, guru SD harus berpikir dan berinovasi untuk menemukan trik-trik praktis agar bisa lebih efisien dan efektif. Jika tidak begitu waktu mengajar akan habis hanya mengajarkan untuk mengajari calistung sedangkan materi pelajaran tidak terserap dengan baik.

Untuk menangani hal ini, Anda bisa dengan memberikan materi sedikit dan meminta siswa untuk menulis dan membacanya. Nanti Anda bisa sambil menerangkannya dan coba setiap hari memberikan PR. Jadi esok harinya Anda bisa memeriksa hasilnya. Dengan begitu tidak menyita banyak waktu di kelas tapi semua materi bisa tersampaikan.

Menjadi guru SD kelihatannya sepele tapi sebenarnya sangat rumit dan sulit. Guru bukan hanya dituntut bisa mengajar tapi harus bisa mendidik.Dengan mengetahui tantangan bagi guru SD dan cara menghadapinya kini Anda bisa coba menerapkannya di sekolah tempat Anda mengajar.