Inovasi yang Harus Dilakukan Kepala Sekolah Untuk Memajukan Sekolah
Cari Berita

Atas


Inovasi yang Harus Dilakukan Kepala Sekolah Untuk Memajukan Sekolah

Rabu, 10 Juni 2020

Inovasi yang Harus Dilakukan Kepala Sekolah Untuk Memajukan Sekolah
Agar murid, guru dan lingkungan pembelajaran berkualitas, ada beberapa inovasi yang harus dilakukan Kepala Sekolah untuk memajukan sekolah.

Murid-murid yang berprestasi dihasilkan oleh sekolah berkualitas. Untuk bisa menciptakan sekolah berkualitas dan maju ada banyak faktor pendukungnya mulai dari yang terpenting adalah sosok guru, fasilitas, lingkungan belajar dan terakhir sosok kepala sekolah. Yap, kepala sekolah harus bisa berpikir inovatif agar sekolahnya maju.

Kenapa harus kepala sekolah? Karena kepala sekolah adalah pemimpin sekaligus manajer yang sangat menentukan sukses tidaknya sebuah sekolah. Dalam manajemen sebuah sekolah, menurut Dr.E.Mulyasa, sosok kepala sekolah haruslah bisa meningkatkan produktivitas sekolah itu sendiri yang dilihat dari prestasi dan suasana pendidikan.

Tak heran kalau akhirnya tugas kepala sekolah berkaitan dengan program kerja, termasuk RKS (Rencana Kerja Sekolah) dan RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah). Karena itu agar sekolah bisa maju dan layak dipilih kepala sekolah haruslah menjadi pribadi yang inovatif. Bahkan untuk para kepala sekolah SD, tanggung jawab dan selalu evaluasi merupakan kunci utama memajukan sekolah.

5 Inovasi yang Harus Dilakukan Kepala Sekolah untuk Memajukan Sekolah


Dengan tugas yang sangat penting, sosok kepala sekolah haruslah mempunyai kapasitas intelektual, emosional, spiritual dan sosial yang seimbang. Semakin dalam ilmu dan makin luas pikirannya, kepala sekolah tentu akan tampak berwibawa. Supaya bisa mewujudkan manajemen pendidikan terbaik, berikut beberapa ide memajukan sekolah SD yang bisa dilakukan kepala sekolah:

1. Paham Kebutuhan Sekolah


Hal pertama yang wajib dilakukan kepala sekolah agar sekolah yang dipimpinnya bisa maju adalah dengan memahami kebutuhan. Kebutuhan ini baik dari sisi guru, sekolah dan para siswa. Tentunya kebutuhan setiap sekolah berbeda. Biasanya kebutuhan sekolah ini berkaitan dengan fasilitas belajar-mengajar yang sangat berdampak pada pembelajaran murid dan pengajaran guru.

2. Mempunyai Standarisasi


Jika kepala sekolah ingin sekolahnya maju, wajib memiliki standarisasi sekalipun Sekolah Dasar (SD). Standarisasi di sini berkaitan dengan banyak hal mulai dari kedisiplinan guru, karyawan, murid hingga kepala sekolah itu sendiri. Dengan kedisiplinan semua pihak, tentunya prestasi yang berkualitas bakal tercipta.

Supaya bisa mewujudkannya, kepala sekolah harus menghindari sistem rekrutmen guru, karyawan dan murid yang menggunakan jalur nepotisme atau tak sesuai prosedural. Jika perlu, libatkan para psikolog, motivator atau pihak Dinas Pendidikan supaya kualitas pengajar tetap terjaga dan makin maju.

3. Melakukan Evaluasi Kinerja


Hal berikutnya yang harus dilakukan kepala sekolah supaya sekolahnya berkualitas adalah dengan rutin melakukan evaluasi kinerja. Bikin jadwal disiplin soal evaluasi kinerja ini seperti tiap minggu, bulan, semester atau tahun. Namun dalam evaluasi kinerja ini, kepala sekolah tak boleh menganggap guru sebagai pekerja biasa atau bahkan buruh semata.

4. Administrasi Profesional


Perusahaan yang sehat memiliki arsip administrasi yang profesional, begitu juga sekolah. Karena itu kepala sekolah mewajibkan seluruh guru, karyawan dan murid memiliki administrasi profesional, termasuk urusan laporan keuangan. Apalagi bagi guru dan karyawan, administrasi profesional berkaitan dengan penghasilan yang diterima.

5. Pendidikan Libatkan Semua Pihak


Supaya tujuan sekolah bisa terwujud, kepala sekolah haruslah bisa mengajak semua pihak terlibat tak hanya guru, karyawan dan murid saja. Menurut Riza Astuti Juli Winarno selaku guru sekaligus tenaga edukatif FKIP Uhamka Jakarta, pendidikan memiliki peran penting bagi masyarakat dan kebudayaan. Sehingga proses pendidikan wajib melibatkan masyarakat demokratis pula.

Lihat juga: Sekolah yang Aman dan Nyaman Untuk Anak

Lantaran pendidikan pada akhirnya menjadi sebuah proses dari, oleh dan bersama-sama masyarakat, sosok kepala sekolah tentunya harus berperan penting. Karena itu mempelajari beberapa ide-ide mengembangkan sekolah harus dipertimbangkan oleh sang kepala sekolah, agar bisa menciptakan pendidikan Indonesia yang makin berkualitas.