Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh RPP 1 Lembar Pembelajaran Online Untuk SD

Contoh RPP 1 Lembar Pembelajaran Online Untuk SD
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar untuk pembelajaran jarak jauh secara online.

Kreativitas guru sangat menentukan kualitas pendidikan di masa pandemi virus corona (covid-19). Proses belajar mengajar selama pandemi dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh secara online atau daring. Metode pembelajaran harus mendorong anak untuk aktif belajar dengan metode daring dengan tidak hanya memberikan tugas kepada siswa.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyederhanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang selama ini menjadi tugas guru. Kini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar. Kini, komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran dibuat guru sebelum memulai pembelajaran. Penyusunan RPP secara efisien dan efektif dilakukan agar guru. Penerapan Kurikulum 2013 menyebabkan metode pembelajaran di jenjang Sekolah Dasar (SD) yang menggunakan metode tematik integratif.

Sebelumnya, memberikan tips pelaksanaan pembelajaran online selama Pandemi Covi-19. Para guru diminta agar dapat mencoba project based learning. Belajar dari rumah bukan berarti harus belajar sendiri. Ajak murid untuk belajar berkolaborasi dengan teman-temannya di dalam suatu grup, atau bahkan dengan orang tua.

Contoh RPP 1 Lembar Pembelajaran Online Untuk Sekolah Dasar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : V/2
Materi : Penanaman Pendidikan Karakter dan Kecakapan Hidup
Alokasi Waktu : 1 hari BDR (Belajar di Rumah)
Pelaksanaan : Jumat, tanggal 06 Mei 2020

I. TUJUAN

Melalui Project Based Learning, peserta didik:
1. Mempunyai akhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong-royong, berjiwa patriotik, bertanggung jawab dan dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Mengembangkan kemampuanmenjadi manusia yang mandiri dan kreatif.

II. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Pendahuluan
1. Menyiapkan fisik dan psikhis anak, apersepsi dan motivasi melalui WA grup.
2. Menyampaikan tujuan, manfaat pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, dan cakupan kegiatan pembelajaran.
3. Kegiatan diawali dengan pembiasaan yaitu membantu orang tua, beribadah (sholat dhuha dan tadarus bagi yang beragama islam).

B. Kegiatan Inti
1. Penentuan Pertanyaan Mendasar
a. Guru menanyakan kegiatan apa yang menyenangkan dan bermanfaat tanpa harus keluar biaya..
b. Adakah benda atau barang bekas yang ada di rumah dan dapat di daur ulang untuk dijadikan benda yang mempunyai manfaat.

2. Menyusun Perencanaan Proyek
Perencanaan dilakukan kolaboratif dengan wali murid atau saudara di rumah. Memilih kegiatan, alat, dan bahan yang dapat diakses untuk menyelesaikan proyek.

3. Menyusun jadwal.
Peserta didik Bersama wali atau saudara Menyusun jadwal dalam menyelesaikan proyek dengan dipandu guru melalui WA.

4. Memantau peserta didik dan kemajuan proyek. Dalam kegiatan pemantauan bisa dilakukan dengan video call, mengirim foto, atau video.

5. Penilaian Hasil.
Peserta didik mengirimkan hasil proyek melalui foto, guru memberikan umpan balik.

6. Evaluasi Pengalaman
Peserta didik Bersama siswa melakukan refleksi kegiatan dan hasil proyek yang dijalankan.

C. Penutup
a. Refleksi, umpan balik, kegiatan tindak lanjut.
b. Menyampaikan rencana kegiatan berikutnya

III. PENILAIAN
Penilaian Sikap : observasi
Penilaian Pengetahuan : Pertanyaan lisan
Penilaian Keterampilan : unjuk kerja

Download Contoh RPP 1 Lembar Pembelajaran Online Untuk SD


Ada kabar baik, Kemendikbud berencana membuat platform daring atau aplikasi RPP di Android. Digitalisasi RPP ini merupakan bentuk penyederhanaan urusan administratif bagi guru atau tenaga pendidik. Dengan begitu, guru tidak perlu lagi repot untuk membuat RPP sehingga dapat fokus pada proses pembelajaran.

Fokus Kemendikbud saat ini tidak lagi menyusahkan guru dengan banyak administratif. Kemendibud sedang membuat platform pendidikan untuk RPP menjadi aplikasi layaknya Gojek, Traveloka dan sebagainya yang bisa didownload di smartphone. Untuk contoh RPP 1 lembar pembelajaran online di atas dapat didownload melalui link berikut ini:


Tahun pelajaran 2020/2021 akan dimulai 13 Juli mendatang. Namun, hanya sekolah yang ada di zona hijau Covid-19 saja yang diizinkan untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Sedangkan untuk wilayah dengan zona kuning, oranye dan merah proses pembelajaran dilakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah.

Kreativitas guru diperlukan untuk menyiasati kejenuhan siswa selama masa belajar dari rumah. Dalam menyusun RPP, guru dituntut pandai mengatur waktu agar siswa tak kelelahan saat pembelajaran jarak jauh. Guru juga harus memahami kemampuan setiap siswa dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, ciptakan keseimbangan dunia virtual anak dan aktivitas nyata mereka di rumah.

Berlangganan via Email