Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Modul Belajar dari Rumah untuk Kelas 1 Tema 2

Modul Belajar dari Rumah untuk Kelas 1 Tema 2
Unduh file .PDF Modul "Ayo! Belajar dari Rumah" untuk Kelas 1 tema 2 Kegemaranku.

Agar proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi Covid-19 berjalan lancar telah disusun Modul Belajar Mandiri untuk kelas 1 semester ganjil. Modul ini disusun sebagai model rujukan bagi kegiatan pembelajaran dalam masa Pandemi Covid 19 untuk jenjang Sekolah Dasar.

Modul untuk kelas 1 tema 2 disusun dalam beberapa rangkaian kegiatan pembelajaran. Kegiatan MPLS dan kegiatan pembelajaran berbasis tema dan mapel dengan berbagai penyesuaian mengikuti pedoman pembelajaran di masa pandemi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lihat juga: Soal Ulangan Kelas 1 Tema 2 - Kegemaranku K13

Ada beberapa Kompetensi Dasar atau KD yang disesuaikan dan diusahakan untuk tidak berulang. Sehingga akan ada perbedaan dengan buku Tematik yang dipakai dalam kondisi normal. Kompetensi Dasar yang akan diulang di semester 2 tidak diprioritaskan untuk dibahas di modul kelas 1 semester 1 ini.

Pada kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru untuk tema 2 untuk kelas 1 adalah 2 KEGEMARANKU, dengan rincian Subtema 1 Gemar Berolahraga, Subtema 2 Gemar Bernyanyi dan Menari, Subtema 3 Gemar Menggambar, dan Subtema 4 Gemar Membaca. Kompetensi Dasar (KD) yang muncul pada kelas 1 tema 2 sebagai berikut:

Pemetaan Kompetensi Dasar Muatan Pelajaran Kelas 1 Tema 2


PPKN
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah

Bahasa Indonesia
KD 3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

SBdP
KD 3.2 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi

Matematika
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

Download Modul Belajar dari Rumah untuk Kelas 1 Tema 2


Modul untuk kelas 1 ini dapat menjadi panduan bagi guru, siswa dan orang tua ketika belajar di rumah. Modul ini juga dilengkapi dengan latihan soal yang menarik dan interaktif untuk memotivasi siswa belajar dengan lebih menyenangkan dari rumah. File .PDF Modul "Ayo! Belajar dari Rumah" untuk Kelas 1 tema 2 Kegemaranku dapat mendownloadnya melalui link berikut ini:


Tujuan pembelajaran tidak difokuskan pada pencapaian kompetensi pengetahuan semata tetapi membekali siswa dengan kecakapan hidup dan memberi rasa aman belajar dari rumah. Guru diharapkan mengembangkan ide-ide pembelajaran kreatif sesuai dengan situasi dan kondisi. Guru diharapkan juga menekankan pentingnya motivasi dan juga nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan oleh anak.