Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Dia Tanda-Tanda Anak Merokok dan Pencegahannya

Ini Dia Tanda-Tanda Anak Merokok dan Pencegahannya

Anak-anak, khususnya yang sudah memasuki usia remaja memang butuh perhatian dan pemantauan lebih. Terkadang orang tua tidak selalu bisa memantau pergaulannya. Salah satu hal yang dikhawatirkan orang tua adalah anaknya yang baru menginjak usia remaja merokok. Seperti apa tanda-tanda anak merokok dan pencegahannya?

Sebenarnya apa yang membuat anak merokok? Bisa jadi anak merokok karena rasa penasaran atau coba-coba. Mereka mengikuti kebiasaan teman sepergaulannya.

Mengenali Tanda-Tanda Anak Merokok


Mulai sekarang Anda harus tahu seperti apa tanda-tanda yang menunjukan bahwa anak anda merokok. Orang tua juga harus tahu bagaimana cara mencegah hal tersebut.

Untuk mengetahui berbagai tanda bahwa anak sudah mulai merokok sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan dari sang anak.

  • Bau mulut anak akan berbeda
  • Pakaian yang dipakai akan muncul bau asap
  • Gigi anak terlihat kuning
  • Anak sering batuk-batuk
  • Anak akan sering mengalami sesak napas
  • Suara anak juga terdengar serak
  • Bahkan anak juga bisa mengalami iritasi tenggorokan

Merokok di usia muda sering mengakibatkan penurunan tingkat kesehatan tubuh. Dibandingkan dengan teman sebaya yang tidak merokok, tentunya akan berbeda kondisi kesehatannya.

Bukan cuma berpengaruh pada kesehatan fisik. Merokok juga bisa memberikan pengaruh terhadap perilaku anak. Tentu saja pengaruh tersebut buruk dan tidak baik untuk masa depan anak.

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Anak Merokok


Ketika Orang tua melihat berbagai tanda-tanda anak merokok seperti ini, sebaiknya Anda menyikapinya dengan sabar dan tidak berlebihan. Anda bisa mencoba untuk mengajak anak berbicara dari hati-ke hati dengan penuh kasih sayang.

Dengan demikian, anak bisa bersikap jujur dan terbuka dengan apa yang sudah dilakukannya. Anak juga bisa mengungkapkan alasan mengapa mereka merokok.

Berikan penjelasan akan bahaya merokok bagi kesehatan anak nantinya. Pengetahuan dan pemahaman yang Anda berikan tentu saja akan membuat anak mengerti mengapa merokok tidak baik untuknya.

Orang tua juga menjadi contoh yang baik bagi anak dalam menjalankan pola hidup sehat. Salah satunya dengan tidak merokok. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah:
  • Orang tua bisa bertanya kepada anak, apa yang dianggap menarik dan tidak menarik dari merokok.
  • Berikan dorongan kepada anak agar bisa terlibat di dalam berbagai aktivitas yang melarang anak merokok, misalnya berolahraga.
  • Terus bicarakan dengan anak mengenai berbagai bahaya merokok. Bila ada kerabat atau teman yang meninggal karena merokok, anda bisa memberitahukan hal tersebut kepada anak.
  • Jangan merokok di depan anak, meninggalkan rokok yang mudah ditemukan, dan jangan sekali-kali menawarkannya rokok.

Tanda-tanda anak merokok bisa diketahui dan dicegah sedini mungkin. Kuncinya adalah sebagai orang tua anda harus sabar dan jangan langsung memarahi anak. Berikan penjelasan dan pemahaman agar anak merasa diperhatikan dan tidak dihakimi. Dengan demikian anak akan mengerti bahwa merokok tidak baik untuknya.

Berlangganan via Email