Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kapan Anak Siap Berangkat Sekolah Sendiri? Ikuti Tipsnya

Kapan Anak Siap Berangkat Sekolah Sendiri? Ikuti Tipsnya

Anak siap berangkat sekolah menjadi hal yang anda sering inginkan ketika disibukkan dengan berbagai kegiatan pekerjaan. Sebelumnya kegiatan ini sangat anda nantikan, namun dengan berjalannya waktu membuat pekerjaan menumpuk dan menunggu momen dimana anak sudah siap dengan sendirinya untuk pergi ke sekolah sesuai keinginan mereka sendiri.

Kapan Anak Siap Berangkat Sekolah Sendiri? 


Biasanya jarak sekolah yang dekat membuat orangtua melepaskan anaknya untuk pergi sendirian ke sekolahnya. Hal ini tidak terlepas karena sebagai orangtua menginginkan anaknya tumbuh menjadi lebih mandiri. Namun tahukah orangtua usia berapa anak aman dan siap untuk pergi ke sekolah sendiri

Sebaiknya orangtua pahami usia berapa anak siap dan aman ketika harus pergi sekolah sendiri. Hal ini demi keamanan dan keselamatan anak selama perjalanan ke sekolahnya yang tidak ada pengawasan.

Minimal Kelas Lima


Dari Versywell Family mengatakan jika kebanyakan para orangtua melepaskan anak mereka ketika kelas dua dan tiga untuk pergi sekolah sendiri, baik dengan angkutan umum maupun berjalan kaki. Namun hal berbeda diungkapkan oleh AAP (America Academy Of Pediatics).

Mereka menjelaskan, anak yang masih berusia 9-11 tahun masih belum bisa menangani keadaan darurat dan tidak terduga ketika berada di jalan. Usia ini rata-rata anak masih kelas 5 SD. Untuk itu, orangtua bisa mempersiapkan semuanya agar anak bisa berangkat sekolah dan pulang dengan sendiri tanpa adanya pengawalan kembali. 

Tak terkecuali ketika anak bertemu orang asing dan bahkan mengajaknya berbicara. Orangtua harus membekali anak dengan pengetahuan yang baik agar mereka bisa menjaga diri mereka sendiri. Sebaiknya sebagai orangtua, kita harus bisa melepaskan anak untuk berangkat dan pulang dengan sendiri ketika mereka benar-benar sudah siap ya orangtua. 

Hal ini tidak lain demi keselamatan dan keamanan dari buah hati tercinta. Nah, agar orangtua tidak was-was ketika anak siap berangkat sekolah sendiri, maka simak tips berikut ini.
  • Minta anak untuk selalu menoleh kiri dan kanan ketika menyeberang.
  • Biasakan untuk melihat dan memperhatikan lalu lintas ketika ingin menyeberang atau saat berada di persimpangan jalan.
  • Bisa berikan contoh untuk selalu menyeberang pada aera zebra cross.
  • Jangan lupa berikan pemahaman kepada anak untuk tidak menggunakan ponsel dan benda elektronik lainnya ketika berada di jalan. Hal ini karena sering menjadi pemicu kecelakaan.
  • Ingatkan anak untuk selalu hati-hati dan waspada karena tidak semua pengemudi memperhatikan jalan.
  • Ajarkan kepada anak untuk tidak berbicara kepada orang asing ketika berada di jalan dan tidak mengikuti ajakan orang asing.
  • Pantau anak untuk pulang pergi sekolah selama satu minggu untuk meyakinkan diri orangtua jika anak siap berangkat sekolah sendiri dan lebih mandiri.