Panduan untuk Orangtua! Inilah 5 Cara Mendidik Anak SD Kelas 5
Cari Berita

Atas


Panduan untuk Orangtua! Inilah 5 Cara Mendidik Anak SD Kelas 5

Kamis, 24 Oktober 2019

Panduan untuk Orangtua! Inilah 5 Cara Mendidik Anak SD Kelas 5
Cara mendidik anak SD kelas 5 harus dipahami orangtua agar tidak salah dalam menerapkan pembelajaran untuk si anak.

Setiap orang tua pasti menginginkan segala sesuatu yang terbaik untuk anaknya. Menyediakan pendidikan yang layak adalah salah satu cara guna mengembangkan potensi anak. Namun, orangtua juga harus sadar bahwa pendidikan pertama seorang anak berasal dari orang tuanya. Tanpa terkecuali saat anak mengenyam pendidikan SD kelas tinggi, yang juga harus menyesuaikan cara mendidik anak SD kelas 5.

Cara mendidik anak SD kelas 5 harus dipahami orangtua dengan baik. Karena masa-masa tersebut adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan mental anak dalam menghadapi berbagai ujian di kelas 6 nanti. Anak akan mulai akrab dengan berbagai uji coba yang bertujuan untuk melatih anak agar siap menghadapi ujian nasional sebagai penentu kelulusan dari Sekolah Dasar.

Berikut tips atau panduan untuk orangtua yang bisa dilakukan untuk mendidik anak SD di rumah.

5 Cara Mendidik Anak SD Kelas 5 yang Harus Orangtua Ketahui


1. Bimbinglah Anak Saat Belajar di Rumah

Saat mulai masuk ke jenjang kelas tinggi, anak sebaiknya harus bisa mulai fokus dalam mempelajari sesuatu. Dalam hal ini, bimbingan orangtua mungkin diperlukan guna menumbuhkan motivasi serta inisiatif belajar si anak saat di rumah. Karena usia anak SD kelas 5 biasanya sudah mulai mampu untuk berpikir fokus terhadap suatu pelajaran.

2. Tambahkan Durasi Belajar si Anak

Sebaiknya, orangtua memang harus selalu mendampingi saat anaknya belajar di rumah. Hal ini juga sebaiknya dilakukan mulai awal anak masuk ke SD. Jadi, orangtua bisa memantau perkembangan belajar dan berpikir anak dengan baik. Selain itu, orangtua juga jadi mampu menentukan durasi waktu yang tepat untuk si anak belajar sesuai dengan jenjang usia dan tingkatan kelasnya.

3. Ajari Anak Cara Mengatur Waktunya Dengan Baik

Anak SD kelas 5 berkisar di usia 10-11 tahun. Pada masa tersebut, biasanya anak-anak berada di penghujung usia anak-anaknya. Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk mengajarkan pada anak bagaimana cara mengatur waktu dan memanfaatkannya dengan baik. Jika anak sudah mampu untuk mengatur waktunya dengan baik, secara tidak langsung anak akan menjadi orang yang disiplin.

4. Aktifkan Kegiatan Belajar Kelompok

Dalam kegiatan ini, peran orangtua juga penting untuk memantau aktivitas si anak dan teman-temannya. Bermain boleh, tapi setelah belajar kelompok selesai dikerjakan. Jadi, jangan sampai anak dan teman-temannya justru banyak bermain saja selama belajar kelompok berlangsung. Melainkan, pastikan anak-anak benar-benar belajar dan membahas mata pelajaran dengan baik.

5. Sesekali Lakukan Refreshing Otak

Kegiatan belajar terus menerus pasti akan membuat anak cepat bosan, apalagi jika ia hanya duduk terus. Maka dari itu, lakukanlah refreshing dengan cara melakukan permainan sederhana yang tidak menguras banyak tenaga. Seperti tebak-tebakan, menyusun puzzle, atau melakukan kegiatan kreatif seperti menggambar dan mewarnai. Jangan paksa si anak untuk terus menerus belajar, berikanlah istirahat sejenak.

6. Mulai Perbanyak Membaca Buku dan Latihan Soal

Ajarkanlah kepada anak untuk mencintai buku-buku apa saja sesuai dengan usianya. Karena mencintai buku adalah awal dari cinta membaca buku. Apalagi di fase menjelang akhir sekolah dasar. Orangtua sebaiknya mulai mengajarkan berbagai latihan soal dan buku-buku pada anak.

Lihat juga: Beranjak Remaja dan Akan Masuk SMP? Inilah 7 Cara Mendidik Anak Kelas 6

Begitulah tips atau panduan cara mendidik anak SD kelas 5 yang bisa orangtua lakukan terhadap anak. Berikanlah dukungan serta perhatian yang tulus pada anak agar anak mampu mengembangkan potensinya lebih awal dan secara total. Jangan sampai masa-masa SD yang juga merupakan usia emas anak terlewatkan dengan hal-hal yang tidak diharapkan. Setidaknya, orangtua mampu memahami cara mendidik anak sesuai usianya.