Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Anak Sekolah Dasar
Cari Berita

Atas


Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Anak Sekolah Dasar

Jumat, 06 September 2019

Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Anak Sekolah Dasar
Inilah permasalahan yang sering terjadi pada anak SD dan tips untuk mengatasi deretan problematika umum tersebut.

Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi di kelas Sekolah Dasar (SD) pada anak didik. Sering kali, masalah tersebut dianggap sepele oleh tenaga pengajar dan orang tua di mana berakibat situasi semakin memburuk. Sebab itu, penting untuk mengenali dan mengatasinya sejak dini.

Problematika Umum Anak Sekolah Dasar


Orang tua dan tenaga pendidik akan sangat mudah mengenali permasalahan umum yang biasa terjadi pada anak seperti di bawah ini :

1. Malas Sekolah

Anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar sangat sering mengalami permasalahan yang satu ini. Suatu hari, mereka akan menyatakan keengganan untuk berangkat sekolah. Kadang, mereka bahkan tidak menyampaikannya melalui kata-kata, melainkan lewat tindakan dan ekspresi. Contohnya dengan memasang wajah muram atau uring-uringan saat harus berangkat maupun ketika berada di sekolah.

2. Sulit Bersosialisasi

Masalah semacam ini terjadi umumnya saat masa-masa awal sekolah atau anak baru saja pindah ke lembaga pendidikan yang baru. Mereka seolah menutup diri dan sulit berbaur dengan teman-temannya. Mereka dapat bercerita pada orang tua maupun pengajar tentang hal tersebut, namun tidak sedikit pula yang memilih untuk diam.

3. Kesulitan Menangkap Materi Pelajaran

Kemampuan setiap anak berbeda-beda, jadi daya tangkap mereka terhadap materi pembelajaran pun tidak sama. Namun, hal ini kemudian menjadi permasalahan yang sering terjadi di kelas Sekolah Dasar. Keadaan diperparah dengan keengganan anak untuk berterus terang bahwa dia tidak bisa mengikuti materi yang diberikan. Padahal, materi yang diberikan terus bertambah.

4. Malas Menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR)

Sudah bukan hal yang mengejutkan bila anak di bangku Sekolah Dasar sering merasa malas ketika harus mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru mereka. Ada yang memilih untuk tidak mengerjakan sama sekali, namun ada pula yang menyelesaikan hanya separuh saja.

Tips Mengatasi Permasalahan Umum Anak Usia Sekolah Dasar


Jika Anda sebagai orang tua maupun tenaga pendidik mendapati permasalahan-permasalahan di atas terjadi, jangan gusar. Berikut tips untuk mengatasi deretan problematika umum tersebut :

1.) Ajak anak untuk berbicara dari hati ke hati, bukannya memarahi. Tanyakan alasan yang melatarbelakangi tindakan mereka. Jangan menghardik, apalagi sampai menggunakan kekerasan. Setelah mengetahui akar permasalahannya, berikan nasehat dengan tata bahasa yang lembut.

2.) Jangan menekan anak terlalu jauh. Jika memang batas kemampuan anak sudah maksimal sebagaimana yang dia tampakkan, biarkan dan bantu sebisa Anda.

3.) Dampingi anak ketika belajar di rumah dan ajak mendiskusikan tentang materi pelajaran yang diberikan sebelumnya. Jangan membuka dengan pembicaraan yang serius, jadikan diskusi tersebut sebagai obrolan yang santai.

Sudah cukup jelas bukan permasalahan yang sering terjadi pada anak SD? Masalah-masalah semacam itu dapat pula diatasi dengan metode yang sederhana dan berlandaskan komunikasi yang baik. Jadi, jika terjadi situasi demikian, jangan menunggu lama untuk menuntaskannya.