Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kiat Sukses Orangtua Menerapkan Cara Mendidik Anak di Era Teknologi

Kiat Sukses Orangtua Menerapkan Cara Mendidik Anak di Era Teknologi

Cara mendidik anak di era teknologi akan menjadi salah satu hal yang menantang sekaligus juga menjadi hal yang menakutkan untuk para orang tua. Tak lain karena kebebasan yang ditawarkan internet.

Dengan demikian anak-anak dapat belajar begitu banyak hal. Selain itu, mereka dapat mengeksplor berbagai minat yang dimilikinya. Namun keamanan anak-anak di internet menjadi sebuah hal yang mengkhawatirkan. Bukankah seperti itu anda rasakan sebagai orang tua?

Kita sebagai orang tua di era digital ini dituntut harus bisa beradaptasi dengan kecanggihan teknologi masa kini. Selain itu Ayah Bunda juga harus memberikan pengertian kepada anak bagaimana cara menggunakan internet yang sehat.

Cara Mendidik Anak yang Mulai Kecanduan Gadget


Sebelum kita membahas bagaimana cara untuk memberikan pendidikan kepada anak di era teknologi canggih ini. Kita akan ketahui terlebih dahulu mengapa sekarang banyak anak yang mulai kecanduan dengan gadget.

Gadget memang sebuah teknologi yang bisa memberikan banyak manfaat. Tetapi bila digunakan tidak semestinya juga bisa memberikan dampak buruk. Lantas bagaimana anda bisa mengetahui bahwa anak kecanduan gadget? Inilah ciri-cirinya yang bisa anda perhatikan.
  • Anak akan menolak melakukan rutinitas kesehariannya dan lebih memilih untuk bermain gadget, seperti tidak mau disuruh mandi atau tidur.
  • Biasanya anak akan selalu meminta diberikan gadget saat tidak diberi anak bisa saja mengamuk.
  • Pemakaian gadget terus-menerus akan diiringi berkurangnya minat anak untuk bersosialisasi.
  • Anak cenderung tidak mau beraktivitas di luar rumah, misalnya akan bersikeras untuk meminta pulang supaya dapat bermain game di rumah.

Kiat Khusus dalam Mendidik Anak di Era Digital


Ada beberapa poin penting yang harus dipahami orang tua sebagai cara mendidik anak di era teknologi modern seperti sekarang ini. Tujuan utamanya adalah agar kita bisa mencegah dan mengantisipasi bahaya online yang mengancam anak kita tercinta.

1. Selalu Memilih Menggunakan Aplikasi Ramah Anak

Ini bisa membantu dalam mendisiplinkan pemakaian smartphone. Orang tua dapat memasang aplikasi tersebut di smartphone yang dipakai anak sesudah dipasang jelaskan pada anak mengapa kita memasang aplikasi tersebut.

2. Berikan Zona Bebas Teknologi di Dalam Rumah Anda

Hal ini bertujuan untuk mencegah anak ketagihan smartphone dari kecil. Anda bisa membatasi pemakaian gawai supaya tidak lebih dari 2 jam setiap hari.

3. Temani Anak

Solusinya anda bisa menemani anak bermain berbagai macam permainan konvensional yang bisa menstimulasi kreativitas yang mereka miliki. Kebiasaan ini bisa mendorong ikatan kuat antara keluarga khususnya orang tua dan anak.

4. Memberikan Contoh Kepada Anak

Di era saat ini tentunya akan berbeda dengan zaman dulu. Jadi anda harus menjadi orangtua yang cerdas memiliki pola pikir yang terbuka. Karena kita sadar bahwa anak-anak bukan hidup di zaman kita dulu.

Jadi jangan sampai memaksa mereka untuk menjadi seperti kita. Berikan berbagai contoh kebaikan kepada anak. Mulai dari pola pikir yang positif dan penggunaan smartphone yang tepat. Ini bisa menjadi salah satu cara mendidik anak di era digital yang bagus.