Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Mendidik Anak agar Patuh, Baik dan Religius

Begini Cara Mendidik Anak agar Patuh, Baik dan Religius
Untuk menciptakan anak agar memiliki karakter yang religius, caranya yaitu berikan pelajaran agama yang mudah dipahami dan tidak sulit dipraktikan.

Salah satu kewajiban orang tua terhadap anak adalah mendidiknya dengan baik. Bukan saja mengandalkan lembaga pendidikan sekolah ataupun madrasah, tetapi memilih cara mendidik anak agar patuh, baik dan religius sebaiknya juga dilakukan secara personal oleh orang tua sendiri. Lalu bagaimana caranya mendidik anak yang baik dan benar? Simak ulasannya berikut ini.

Mengandalkan teori saja dalam mendidik anak tidaklah cukup, karena anak lebih cenderung meniru kebiasaan orang tuanya. Jadi, kuncinya terletak pada perilaku orang tuanya setiap hari. Berusahalah untuk memberikan contoh yang baik agar memiliki anak yang bisa dibanggakan. Nah, di bawah ini ada beberapa cara mendidik anak agar patuh, baik dan religius.

1. Latih pola pikir anak agar selalu ingin tahu apa yang dilihatnya

Arahkan pemikirannya agar selalu penasaran terhadap sesuatu yang dilihatnya, sehingga anak lebih sering bertanya. Cobalah memberikan solusi dan jawaban yang logis kepada anak ketika ia bertanya sesuatu yang baru dilihatnya dan hindari kata “tidak tahu”. Jangan pula Anda berbohong, karena secara emosional anak bisa saja membaca jawaban Anda yang tidak rasional.

2. Ajarkan anak untuk bisa mematuhi aturan dan berikan penghargaan

Buatlah aturan dalam keluarga, seperti jadwal belajar, waktu bermain dan mengaji. Berikan pengertian secara perlahan bahwa hal tersebut harus dipatuhi untuk kebaikannya sendiri. Jika anak mematuhi aturan yang Anda buat, berikanlah penghargaan berupa pujian dan hadiah. Sehingga anak akan merasa nyaman, senang dan lebih paham bahwa mematuhi aturan itu sangat penting.

3. Ajarkan bersosialisasi dengan sesama

Hidup bersosial itu penting, begitu juga mengajarkan anak agar bisa bersosialisasi dengan baik merupakan hal yang wajib diajarkan oleh setiap orang tua. Cara mengajarkannya yaitu melalui ilmu terapan atau praktik di lapangan. Perlihatkan perilaku baik Anda kepada sesama dihadapkan anak, nanti secara otomatis anak akan melihat dan meniru segala hal yang Anda lakukan.

4. Berikan pelajaran agama setiap hari

Untuk menciptakan anak agar memiliki karakter yang religius, caranya yaitu berikan pelajaran agama yang mudah dipahami dan tidak sulit dipraktikan. Jika secara dini anak diajarkan pelajaran tentang agama, maka di masa depan didikan tersebut bisa diingat dan selalu ia lakukan tanpa merasa terpaksa.

5. Ajarkan sifat mandiri dan rasa tanggung jawab

Anak yang mandiri dan bertanggung bisa diwujudkan dengan didikan orang tua yang tidak memanjakan setiap keinginan anak. Ajarkan pada anak secara dini bahwa kebutuhan dirinya harus bisa dikerjakan sendiri tanpa mengandalkan orang tua.

Dengan cara mendidik anak agar patuh, baik dan religius, besar harapan orang tua dapat memiliki anak yang bisa dibanggakan. Bukan sekedar mencapai harapan, tetapi didikan tersebut bisa menjadi bekal untuk anak dalam menjalani kehidupannya di masa depan.