Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PPPK 2021 Dibuka untuk Semua Guru Honorer di Sekolah Negeri dan Swasta

PPPK 2021 Dibuka untuk Semua Guru Honorer di Sekolah Negeri dan Swasta

Pada tahun 2021 ini, Pemerintah Republik Indonesia telah membuka kesempatan kepada satu juta formasi guru honorer baik yang bekerja di sekolah negeri ataupun swasta untuk menjadi  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan bahwa setiap guru honorer dimanapun mereka bekerja, memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2021. Pemerintah telah menentukan kriteria ataupun syarat peserta yang berhak mengikuti seleksi PPPK.

Seleksi terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar. Tujuan utama dari program seleksi PPPK 2021 ini adalah untuk meningkatkan dan menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Meskipun tugas pengajaran adalah tugas seluruh anggota masyarakat, tapi guru memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan SDM unggul. Untuk itu diperlukan pendidik yang memiliki kompetensi yang tinggi dan yang tidak boleh dilupakan, jumlahnya harus memadai,” kata Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan bahwa setiap guru honorer memiliki kesempatan yang sama. Jadi tidak ada lagi prioritas, siapa yang lebih duluan. Semuanya boleh mengambil tes, yang lulus boleh menjadi PPPK.

Nadiem menambahkan jika untuk tes atau seleksi PPPK 2021 akan dilaksanakan secara online sehingga semua guru honorer dapat mengikuti seleksi PPPK 2021. Tidak hanya itu, Nadiem juga menyebut bahwa setiap peserta memiliki kuota yang sama yaitu tiga kali tes. Artinya apabila tes pertama gagal maka dia dapat mengikuti tes selanjutnya, hingga tiga kali.

Pemerintah telah membuat rencana baru dalam seleksi PPPK 2021 ini, langkah ini diambil untuk memudahkan pendaftar mengikuti seleksi PPPK 2021. Pemerintah pusat berjanji akan menyiapkan anggaran gaji bagi seluruh peserta yang telah lulus seleksi guru PPPK 2021.

Berlangganan via Email